Kementerian Pertanian Siap Salurkan Puluhan Ton Bibit Bawang Putih Bagi Petani di Boltim

BOGANINEWS, BOLTM – Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI), melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dalam waktu dekat ini akan menyalurkan puluhan ton bibit Bawang Putih.
Hal ini diungkapkan Kepala Dispertanak Boltim, Setiono pada awak media Senin (5/8/2019) di ruang kerjanya. Dikatakannya, pihaknya mengupayakan penyediaan lahan untuk penanaman bawang putih.
“Kementerian Pertanian meminta kami untuk menyiapkan lahan pertanian seluas 175 hektare di tahun ini. Selain itu juga, dari kemitraan importir bawang putih Jakarta, seluas 83 hektare untuk di tanami bawang putih. Memang sudah ada 20 hektar lahan di Desa Mooat yang ditanami bibit tersebut dari kemitraan importir,” terang Setiono.
Sedangkan bibit dari Kementrian lanjutnya, masih menunggu proses tender, yang proyeknya ada di Provinsi.
“Bagi masyarakat khususnya petani yang memiliki lahan seluas sartu hektar, akan mendapatkan bibit bawang putih sebanyak 500-600 kilogram. Jika ini berhasil, akan menghasilkan sekitar 15 ton bawang putih siap jual,” jelas Kadis.
Ia juga berharap, dengan adanya bantuan-bantuan tersebut bisa meningkatkan semangat petani untuk bercocok tanam.
“Semoga program-program dari Pusat, Provinsi maupun Daerah, bisa bermanfaat dan membantu meningkatkan kesejahteraan para petani holtikultura,” tambahnya. (Agung)

Komentar