Ini Alasan Direktur Jendral PSP Kementerian Pertanian RI, Sambangi Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Direktur Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementrian Pertanian, DR. Sarwo Edy, melakukan kunjungan kerja (Kunker) pada sentra komoditi hortikultura di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tepatnya di Desa Mooat Kecamatan Mooat, Jumat (10/5/2019).

Menurut Kadis Pertanian dan Perternakan (Dispernak) Boltim Setiyono, alasan pihak kementerian melakukan kunker di Boltim, karena Boltim merupakan kawasan hortikultura dataran tinggi terbesar di Sulawesi Utara (Sulut), sebagai pemasok bagi Indonesia bagian tengah dan timur.

“Adapun tujuan kunjungan kerja Dirjen adalah untuk memonitor pemanfaatan berbagai macam alat pertanian yang diberikan kepada kelompok tani, dalam rangka mendukung pencapaian peningkatan produksi pertanian,” jelas Kadis.

Selain itu kata Kadis, juga untuk memberikan peluang kepada Pemda Boltim, untuk mendapatkan fasilitasi bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

“Ada berbagai agenda seperti pembangunan jalan pertanian, pembangunan jaringan irigasi pertanian, embung, parit, irigasi perpipaan dan lainnya. Untuk itu dinas pertanian segera membuat proposal dan masuk kategori prioritas,” tutur Kadis.

Selain itu, Dirjen juga membawa pengusaha impotir Nasional bawang putih dengan nama perusahaan PT. Indo Mandiri Permai Jakarta (IMPJ).

“Pengusaha itu yang akan bermitra dengan kita dalam pengembangan budidaya bawang putih. Untuk luas lahan kelompok tani sebesar 83 hektar. Dirjen di ajak menikmati wisata Danau Mooat, agar mereka bisa melihat langsung potensi pertanian yang ada di Boltim,” terangnya. (Agung)

Komentar