Ikut Lomba Beprestasi Tingkat Sulut, Puskesmas Motoboi Kecil Hari Ini Dinilai

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Tim penilai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (26/6) melakukan penilaian Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Motoboi, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kunjungan tersebut untuk melakukan penilaian terhadap Puskesmas Motoboi yang di utus Kota Kotamobagu pada lomba Puskesmas berprestasi tingkat Provinsi.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Promosi dan Sumberdaya Sumartini Sugiharjo,ada Empat tim dari Dinkes Provinsi yang akan melakukan penilaian tersebut.

“Yang datang pada hari ini, tim dari bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Tim ini menilai semua program yang terkait dengan P2P, misalnya program TB, program Kusta, program kesehatan kerja dan olahraga, serta program KIA dan KB. Itu yang dinilai mulai dari dokumentasi hingga foto kegiatan, SOP, SK terkait dan pengelola yang turut diwawancarai,” jelas Sumartini.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Motoboi, Ulmi Sudibyo mengatakan, penilaian ini juga meliputi beberapa aspek.

“Pertama adminstrasi management yang ada di Puskesmas, upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Jadi mulai dari pelayanan gedung hingga pelayanan kepada masyarakat yang mereka akan nilai. Saya pun berharap agar puskesmas motoboi mendapatkan nilai yang baik dari tim penilai,” terang Ulmi.

Ditempat yang sama, Norma Mamonto, selaku Ketua penilai dari Dinkes Provinsi Sulut mengatakan, bahwa ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan Dinkes Provinsi. Dimana, Dinkes Kotamobagu tahun ini mengutus Puskesmas Motoboi mewakili seluruh puksesmas yang ada di Kotamobagu untuk mengikuti lomba tersebut.

“Yang dinilai disini semua komponen, lingkungan, program dan kegiatan. Hasil sementara alhamdulillah masuk dikategori memuaskan dengan mendapatkan nilai 10. Skornya pun cukup bagus,” ujar Norma.

Meski begitu kata Norma, masih akan ada 3 tim lagi yang akan datang untuk menilai Puskemas Motoboi.

“Ketiga tim itu akan datang dalam waktu dekat ini. Kami pun tidak dapat memastikan kapan mereka datang, bisa itu akhir Juni ini, maupun bulan depan,” pungkasnya.

Diketahui, ada tiga nilai kategori yang akan diberikan oleh tim penilai. Pertama nilai 0 (untuk kategori tidak memuaskan), kedua nilai 5 (untuk cukup baik) dan ketiga 10 (untuk nilai memuaskan). (*)

Komentar