Hindari Kontak Fisik Langsung, Diskominfo Bolmong Mulai Uji Coba Rapat Online

BOGANINEWS, BOLMONG – Untuk menghindari kontak fisik langsung ditengah antisipasi mewabahnya virus corona atau Covid-19, maka Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat (20/3/2020) mulai menguji coba teleconference atau rapat online dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Uji coba tersebut juga melibatkan para Kepala Bagian (Kabag) di Sekretariat Daerah, Camat dan salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu Rafan Mokoginta Pemateri Pengadaan Barang Jasa.
Menurut Kadis Komunikasi dan Informatika, Parman Ginano, merujuk surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 16 Maret 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Cofid 19, maka  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow telah mempersiapkan perangkat teleconference untuk rapat online, jika nantinya mulai diterapkan Work From Home bagi ASN.
“Nantinya kami akan memakai aplikasi zoom untuk melakukan rapat online. Hari ini, kami melakukan uji coba dengan beberapa pimpinan OPD, para Kabag yang ada di lingkungan Setda, Camat dan pak Rafan yang berada di Kotamobagu. Alhamdullilah, uji coba teleconference dengan lokasi yang berbeda berjalan lancar,” kata Parman.
Meurutnya, hal ini merupakan salah satu upaya memutuskan mata rantai Covid-19 dan menerapkan sosial distancing. Diharapkan aplikasi ini sangat tepat untuk digunakan. Sehingga dengan adanya teleconference pertemuan atau rapat-rapat dengan melibatkan banyak orang dapat diminimalisir.
“Ini bagian dari cara kita melakukan sinkronisasi dan harmonisasi seluruh program yang akan kita pakai dalam kondisi kedaruratan ini,” terang Parman.
Ia juga menambahkan, diadakannya teleconference ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi terkait program dan kegiatan yang dilakukan oleh masing–masing OPD. “Juga dengan adanya teleconference, menjadi salah satu solusi bagi para pimpinan OPD dalam membangun komunikasi dengan para staf ketika ASN harus bekerja dari rumah,” ucapnya. (ino)

Komentar