Herson Mayulu Diberi 2 Gelar Adat dari Gorontalo dan Bolango

BOGANINEWS, BOLSEL – Dalam kurun waktu dua hari, Bupati Bolsel dua periode Hi. Herson Mayulu (H2M) menciptakan sejarah baru sebagai tokoh pemimpin di Bolsel yakni dengan mendapat dua gelar adat dari dua suku berbeda yaitu Suku Gorontalo dan Suku Bolango.

Yang pertama masyarakat adat Gorontalo menganugerahkan gelar adat kepada H2M sebagai Tokoh Yang Memperbaiki Daerah atau Temey Molamahu. Penganugerahan gelar adat itu, dilaksanakan bersamaan dengan acara penjemputan Bupati Bolsel Iskandar Kamaru di Kecamatan Posigadan Jumat (12/10).

Menurut Bupati Iskandar Kamaru, gelar adat yang diberikan kepada H2M karena beliau merupakan salah satu tokoh yang membawa Bolsel kearah yang lebih baik. “Ini merupakan penghormatan dan penghargaan masyarakat Gorontalo kepada beliau. Karena mampu membawa perubahan, bahkan mampu memperbaiki daerah ini,” ungkap Iskandar.

Yang kedua, masyarakat adat Bolaango menganugerahkan gelar adat kepada H2M sebagai “Ta No O Tindaho Lripu” yang artinya menerangi negeri. Gelar adat yang diberikan ini, telah menciptakan satu sejarah baru. Sebab kurun waktu kurang lebih 100 tahun, setelah penganugerahan gelar adat kepada Raja ke 23 yakni Raja Hasan Van Gobel.

“Tokoh adat Bolango Abadi Yusuf mengatakan, penganugerahan adat ini kembali dilakukan setelah raja ke 23 yakni Raja Hasan Van Gobel oleh masyarkat adat Bolango di Tapa Provinsi Gorontalo waktu itu,” kata Abadi. Lanjutnya, Ta No O Tindaho Lripu yang artinya menerangi negeri diberikan kepada H2M  karena hampir satu Dekade memimpin Kabupaten Bolsel. “Para tokoh adat Bolango menilai, H2M sapaan akrab Hi Herson Mayulu merupakan tokoh yang telah berhasil meletakkan pondasi penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakat di Bolsel,” terangnya.

Sementara itu, H2M menyampaikan terima kasih atas penganugerahan gelar adat yang diberikan oleh masyarakat Gorontalo dan Bolango. Dengan gelar adat yang diberikan ini, Bolsel menjadi tanggungjawab baginya. Berbicara soal kondisi infrastruktur, perkembangan ekonomi daerah dan lain sebaginya, hal itu berdasarkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati .

“Dukungan semua elemen sangat penting. Sehingga diharapkan kekompakan semua elemen masyarakat untuk tetap menjaga Bolsel yang kondusif dan tetap selalu harmonis,” kata H2M. (Holan)

Komentar