oleh

DPRD Boltim Gelar Paripurna Pengesahan Bupati Terpilih SSM-OPPO

BOGANINEWS, BOLTIM Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar sidang paripurna usulan pengangkatan dan pengesahan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Boltim terpilih Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boltim menetapkan dalam rapat pleno hari ini Jumat (19/2/2021), bertempat di ruang paripurna DPRD Boltim.

Sekretaris DPRD Boltim Ade Herly Mokoginta mengatakan, Perkara Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Boltim di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah ditolak dalam pembacaan putusan Dismissal, pada Rabu (17/02/2021). Dengan demikian tidak ada kendala lagi bagi DPRD untuk mempercepat sidang paripurna usulan pengesahan Bupati dan Wabup terpilih.

Baca Juga:  DPRD Bolsel Gelar Paripurna KUA-PPAS Tahun 2019

“KPU telah melakukan pleno penetapan pada hari ini juga. DPRD tidak mau berlama-lama, setelah pleno penetapan DPRD Boltim langsung melaksanakan sidang paripurna usulan pengesahan Bupati dan Wabup terpilih,” kata Herly.

Setelah sidang paripurna tersebut lanjut Sekwan, DPRD dan Bagian Hukum, Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Pemda Boltim, akan mengantar dokumen berita acara pengusulan dan lainnya ke Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, dalam rangka pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

“Jika tidak ada aral melintang kemungkinan pelantikan Bupati dan Wabup Boltim akan bersamaan dengan pelantikan Bupati dan Walikota dari beberapa daerah lainnya di Sulut pada tanggal 26 Febuari 2021 mendatang,” jelasnya.

Baca Juga:  DPRD Bolmut Minta Pelayanan Terhadap Masyarakat Harus Ditingkatkan

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Boltim Abdul Kader Mamonto, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa, pleno penetapan Bupati terpilih Sam Sachrul Mamonto dan Wabup Oskar Manoppo sudah final.

“Segala gugatan sudah diputuskan di MK dan MK menolak semua gugatan PHP, sehingga KPU Boltim melakukan Pleno. Pleno penetapan bertempat dia kantor bupati Boltim, selanjutnya Paripurna DPRD pengesahan pasangan Sam Sachrul Mamonto dan Oskar Manoppo sebagai Bupati dan Wakil Buoati terpilih. Untuk pelantikanya menunggu, ada kemungkinan bersamaan dengan Kabupaten Kota lainnya se Sulut yang melakukan Pilkada,” terangnya. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA