DKP Boltim Salurkan Bantuan untuk Nelayan

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), mulai menyalurkan bantuan untuk nelayan, berupa 6 unit kapal dan perahu biasa, 10 unit mesin tempel, 34 unit Fishfinde (alat pendeteksi ikan), 30 ribu bibit ikan nila dan 130 bibit ikan hias.
Menurut Kepala DKP Boltim, Erna Mokodongan, bantuan untuk masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan saat ini sedang dalam proses penyaluran.
“Total anggaran sekitar Rp 1.5 Milliar, bersumber dari DAK dan DAU. Saat ini bantuan sedang dalam proses penyaluran ke seluruh wilayah kecamatan,” aku Kadis.
Dikatakannya, sejauh ini sudah ada 29 unit fish finder, 20 ribu bibit ikan nila serta 130 bibit ikan hias yang telah disalurkan kepada beberapa kelompok nelayan.
“Untuk tahun 2019 ini, sedang dalam proses penyaluran. fish finder atau alat pendeteksi ikan, sekarang jumlahnya tinggal 9 dari 34 unit sebelumnya. Sudah ada 20 ribu bibit ikan nila dan 130 bibit ikan hias yang kami realisasikan ke beberapa kelompok nelayan,” ungkap Erna, kepada sejumlah awak media Selasa (10/9/2019).
Terpisah, Ahmad Hasan, salah salah satu nelayan mengaku, akibat cuaca buruk belakangan ini, sehingga penghasilan menurun.
“Penghasilan kita menurun dikarenakan angin kencang. Makanya kita tidak melaut untuk mencari ikan. Biasanya sekali turun melaut, kita dapat hasilnya hingga dua ratus ribu,” akunya.
Lanjutnya, profesi ini sudah ia geluti puluhan tahun. Sehingga ia berharap, bantuan dari pihak pemerintah.
“Saya harap ada bantuan berupa mesin tempel, jaring pukat ikan serta perlengkapan nelayan lainnya dari pemerintah daerah, guna memenuhi kebutuhan hidup kami sehari-hari sebagai nelayan,” keluh Ahmad. (Agung)

Komentar