oleh

Disdik Kotamobagu Bakal Hadirkan Aplikasi Pendeteksi Anak Putus Sekolah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Untuk mendeteksi anak putus sekolah di Kotamobagu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu saat ini tengah menyiapkan aplikasi Sistem Penanganan Anak Putus Sekolah (SIPANTAS).
Hal ini dikatakan Sekretaris Disdik Kotamobagu Rastono SPd MPd. Dijelaskannya, aplikasi tersebut difokuskan untuk mendeteksi, memverifikasi, serta mencari tahu sebab anak itu putus sekolah, sehingga bisa dicarikan solusinya oleh pemerintah.
“Untuk mendapatkan data terkait siapa saja anak-anak yang putus sekolah di Kotamobagu, nantinya kita akan membuka penerimaan relawan untuk mengumpulkan datanya,” jelasnya.
Sementara itu ditanya kapan aplikasi ini akan diluncurkan, Rastono membeberkan, jika tidak ada halangan, aplikasi ini akan kami launching bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) mendatang. “Saat ini kita masih dalam tahapan penyempurnaan aplikasi itu,” katanya.
Tak hanya itu kata Rastono, sebagai langkah awal, pihaknya akan mengikutkan aplikasi SIPANTAS ini dalam  lomba Innovative Government Award (IGA), yang tengah digulir oleh Badan Penelitian Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kotamobagu. “Aplikasi SIPANTAS ini juga akan diikutkan pada lomba IGA untuk dikenalkan dan dipaparkan manfaat dari aplikasi ini,” ucapnya. (St)
Baca Juga:  Tatong Bara Janji Naikan Insentif Petugas Agama dan Guru Ngaji di Kotamobagu Dengan Syarat

Komentar

BERITA LAINNYA