oleh

Deklarasikan Stop BABS, Pemdes Iyok Siap Bangun MCK

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Iyok, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun depan akan memfasilitasi masyarakatnya dengan pembuatan Mandi Cuci Kakus (MCK).
Hal ini dikatakan Sangadi Desa Iyok Arifin Ibrahim, pada media ini, Kamis (5/9/2019). Dikatakannya, untuk mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) pihaknya akan membuat MCK untuk tiap Kepala keluarga (KK).
“Sesuai program Pemkab Boltim mendeklarasikan Stop BABS, maka tahun depan kami akan anggarkan lewat Dana Desa (DD) pembuatan MCK bagi warga yang belum memiliki Water Closet (WC) atau MCK,” terang Sangadi.
Lanjutnya, di desanya sudah di buat MCK, namun itu hanya terbatas beberapa KK saja yang mengunakannya.
“Saat rapat lalu ada usulan dari masyarakat untuk penambahan MCK. Nah, kami akan gunakan dana desa sebesar Rp 5 Juta rupiah per satu MCK. Ini di upayakan agar masyarakat tidak lagi ke sungai untuk mandi dan cuci baju,” jelas Arifin.
Ia juga menabahkan, pembuatan MCK ini perlu, menginggat di lokasi permukiman tertentu yang penduduknya cukup padat dan tingkat kemampuan ekonomi rendah.
“MCK adalah salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama oleh beberapa keluarga untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air. Karena dalam waktu dekat kita akan mendeklarasikan Stop BABS,” jelasnya.
Diungkapkannya, untuk Kecamatan Nuangan, cukup kesulitan mendapatkan air bersih, sehinga warga masih bergantung pada Air PDAM Bolmong.
“Kami masih kekurangan air bersih. Sementara PDAM yang berada di Nuangan Induk, belum maksimal di fungsikan disalurkan ke satu kecamatan. Justru ada maayarakat yang masih numpang timbah air ke rumah warga lainnya,” ungkap Sangadi. (Agung)
Baca Juga:  Bupati Bolmong akan Berkantor di Desa

Komentar

BERITA LAINNYA