Dampak Covid-19, Pemkot Salurkan Beras dan Bapok Bagi Puluhan Ribu Warga Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 100 ton dan Cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) 35 ton serta bantuan Bahan Pokok (Bapok) bagi puluhan ribu warga Kotamobagu yang terdampak pada penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kotamobagu.

Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, berdasarkan Permensos RI nomor 22 tahun 2019, tentang prosedur dan mekanisme penyaluran Cadangan Beras Pemerintah, serta Keputusan Gubernur Sulut nomor 111 tentang penetapan status tanggap darurat bencana non alam, penanganan pencegahan penyebaran virus Corona.
Nantinya, bantuan ini akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak dan belum pernah menerima BPNT atau PKH. Pembagian ini diatur dengan mekanisme. setiap individu yang positif atau suspect Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) beserta keluarganya. Adapun Jumlah penerimanya, sebanyak 5.400 Kepala Keluarga atau berjumlah 20.000 jiwa.
“Dengan pembagian 400 gram perjiwa per hari, sehingga pembagian tiap keluarga tidak sama dan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga tersebut. Jumlah bantuan yang akan disalurkan sebanyak 35 ton untuk penanganan selama 17 sampai 18 hari,” ujar Tatong Bara.
Selain itu, Wali Kota juga menyalurkan tambahan paket sembako berupa telur, gula pasir, ikan kaleng, kacang hijau dan minyak kelapa. Untuk vitamin sebagai pelengkap dalam sembako ini, nantinya juga akan disalurkan langsung kepada masyarakat (ino)

Komentar