Cegah Covid-19, Pemda dan DPRD Boltim Rasionalisasi Perjalanan Dinas

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar, memimpin rapat pembahasan anggaran dengan Satgas pencegahan penyebaran Covid-19, Jumat (27/3/2020) kemarin, bertempat di ruang rapat sekretariat daerah.
Dalam rapat tersebut, Bupati instruksikan kepada Satgas melalui Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan Sekda Sonny Warroka, untuk mempercepat rasionalisasi anggaran pada APBD tahun 2020 untuk penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 atau virus corona.
“Hitung anggaran operasional, anggaran untuk kebutuhan pokok  yang akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak akibat larangan atau pembatasan keluar rumah, sehingga aktifitas ekonomi terhenti. Kemudian validasi data terhadap kurang lebih
10.000 kepala keluarga agar tepat sasaran,” kata Bupati.
Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, jangan sampai ada korban akibat menyebarnya virus ini. Sehingga ia meminta agar serius dalam penangan pencegahan baik pemerintah daerah, camat, sangadi dan lebih penting masyarakat, agar jangan masa bodoh dan menganggap remeh persoalan ini.
“Terimakasih saya sampaikan kepada Wakil Bupati, Sekda, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Sangadi yang telah berbuat melalui edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan dan penanganan. Tapi masih ada kecamatan dan desa yang belum optimal dalam sosialisasi, sehingga masyarakat masih banyak yang berkumpul bergerombol tidak menjaga jarak, tidak ada pelindung diri seperti masker, sarana cuci tangan dan ini tidak boleh dibiarkan. Sangadi harus berperan memberikan penjelasan melalui pengeras suara di kantor desa, balai desa, bahkan keliling kampung,” pintanya.
Selain itu, kepada Gugus Tugas Boltiim, agar setiap orang yang masuk Boltim untuk dilakukan penyemprotan Disinfektan ke sekujur badan dan diperiksa suhu badan.
“Diinstruksikan juga, setiba di tempat tujuan (di wilayah Boltim) agar bersangkutan segera mengganti pakaian yang di gunakan, mandi, baru bisa berinteraksi dengan orang di sekitar,” kata Bupati.
Sementra itu, Ketua DPRD Kabupaten Boltim Fuad Landjar, juga akan melakukan rasionalisasi perjalanan dinas mereka yang nantinya di peruntukan pada pencegahan penyebaran Covid-19 yang sekarang lagi mewabah di Indonesia.
“Terlebih khusus mencegah agar virus yang berbahaya ini tidak menyebar di Bolaang Mongondow Timur. Kami siapkan anggaranya. ini adalah wujud keprihatinan dari ketua dan seluruh anggota DPRD Boltim,” katanya. (Agung)

Komentar