oleh

Bupati Sehan Tutup Ivent FDM, Pesta Rakyat HUT Boltim ke-11 dan Grand Final Uyo Anu 2019

BOGANINEWS, BOLTIM – Bupati Sehan Salim Landjar, menutup Event Festival Danau Mooat (FDM) ke-2 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ke-11, sekaligus pengumuman pemenang Uyo-Anu Boltim Tahun 2019 pada malam Grand Final yang berlangsung di lapangan Gogaluman Tutuyan, Kecamatan Tutuyan, Senin (22/7/2019).
Sebelum penutupan FDM, pada puncak pesta rakyat dalam rangka HUT Boltim Ke-11, dewan juri telah menobatkan pemenang pemilihan Uyo-Anu Boltim tahun 2019 atas nama Mohammad Eka Putra Manoppo (Uyo) utusan BKPSDM dan Fajrina Rusniar (Anu) utusan Disnakertras.
Bupati Sehan Landjar dalam sambutannya mengucapkan selamat HUT Kabupaten Boltim ke-11 tahun bagi semua masyarakat. Di usia yang ke 11 tahun, Boltim berbeda dengan tahun sebelumnya. Lihat saja daerah ini, sekarang sudah lebih maju dari segi pembangunan, infrastruktur, sampai masalah jaringan internetnya dan pembangunan lainnya.
“Kedepan saya bersama Wakil Bupati akan lebih menata Kabupaten Boltim lebih unggul. Saya ucapkan banyak selamat juga untuk Uyo dan Anu Boltim 2109 terpilih. Kalian semua putra-putri kebangaan daerah ini. Saya berharap, ilmu pengetahuan yang kalian miliki bisa mempromosikan daerah ini dengan baik. Karena mereka yang terpilih akan menjadi Duta Pariwisata. Selanjutnya, sisa masa kepemimpinan saya yang tinggal menghitung bulan, saya bersama Wabub akan mencoba lebih membuka akses wisata di Boltim,” jelas Bupati.
Ia juga berharap, agar masyarakat mampu bersinergi dengan pemerintah, termasuk menjaga kebersihan lingkungan. Boltim memiliki destinasi alam yang indah, mulai dari pegunungan, danau, lautan, air terjun dan spot-spot menarik yang sangat berpotensi dari darat hingga laut.
“Saya berharap juga, seluruh masyarakat Boltim sebagai tuan rumah, bisa menunjukan sikap yang baik dan ramah bagi para pengunjung, serta menjaga kebersihan demi pengembangan di sektor pariwisata. Alasanya wisata Boltim sudah dikunjungi lebih dari 300.000 pengunjung yang datang dari berbagai daerah, bahkan tidak sedikit yang datang dari mancanegara. Sehingga itu, salah satu strategi untuk membuat para tamu nyaman barada disini yaitu lewat tutur bicara yang sopan dan santun,” pinta Sehan.
Lanjutnya, tempat wisata pada umumnya identik dengan keindahan dan kecantikan alamnya dan itu menjadi tolak ukur untuk menarik minat wisatawan. Tujuan dilaksanakannya FDM ini, untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Dispar, telah membuktikan bahwa Kabupaten Boltim layak dan terus dikunjungi wisatawan Domestik maupun Mancanegara.
“Jika masyarakat tidak sadar lingkungan, itu bisa membawa dampak negatif dan membuat para pengunjung tidak betah berlama-lama di boltim,” jelas Eyang, sapaan akrabnya.
Senada dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Boltim Rizky Lamaluta berharap, finalis terpilih mampu menjadi Duta Wisata untuk mempromosikan bermacam potensi yang ada sesuai dengan tujuan digelarnya FDM.
“Saya berharap, Uyo dan Anu Boltim tahun 2019 lebih aktif, progres dan bisa mempromosikan potensi wisata yang tersedia diantaranya wisata alam bawah laut, pegunungan, air terjun, danau, budaya dan kuliner khas daerah,” harapnya. (Advetorial)
Berikut urutan Nama pemenang Uyo-Anu Boltim tahun 2019 :
Uyo atas nama : Eka Putra Manoppo utusan BKPSDM
Anu atas nama : Fajrina Rusniar utusan Disnakertrans.
Wakil 1 Uyo : Stevanus M. Petra Hormati utusan Dinas Kesehatan
Wakil 1 Anu : Andi Putri Guraisya utusan BKPSDM
Wakil 2 Uyo : Abdiansyah E.S. Ani utusan Desa Buyat 2
Wakil 2 Anu : Tessalonika Kondengis utusan Inspektorat
Dewan Juri :
1. Rizky Lamaluta
2. Regina G. Rumengan
3. Angelia Wenas
Sumber : Disparbud Boltim
Baca Juga:  Datangi Love Cafe, DP3A dan Satpol PP Kotamobagu Beri Peringatan Tegas

Komentar

BERITA LAINNYA