Bupati dan Wabup Bolsel Ikut Entry Meeting Virtual Bersama Kepala Perwakilan BPK Sulut

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Hi. Iskandar Kamaru bersama Wabup Deddy Abdul Hamid, didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy, Asisten III Rikson Paputungan dan Inspektur, Senin (25/1/2021) mengikuti kegiatan Entry Meeting dengan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulut, secara virtual di ruang rapat Bappelitbangda Bolsel.

Kegiatan ini juga menandai dimulainya pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolsel tahun anggaran 2020 oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sulut, yang akan berlangsung selama 35 hari kerja.

Tujuan pemeriksaan interim atau audit pendahuluan LKPD tahun anggaran 2020 diantaranya, memantau tindak lanjut atas hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, terutama temuan yang mempengaruhi opini. Selain itu, juga ada penilaian efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI) dalam penyusunan laporan keuangan, juga melakukan pengujian subtantif terbatas pada transaksi/saldo akun-akun untuk menilai kewajaran saldo dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dengan prioritas pada akun tertentu.

Atas dasar itu, Bupati minta kepada setiap OPD agar mempersiapkan dengan baik semua dokumen laporan keuangan.
“Siapkan semua dokumen laporan keuangan dan bersikap proaktif agar pemeriksaan pendahuluan ini berjalan lancar,” pinta Bupati.
Bupati juga mengatakan, Pemkab Bolsel telah membentuk gugus tugas untuk pemeriksaan LKPD tahun anggaran 2020.
“Gugus tugas ini diketuai oleh Sekda, beranggotakan Inspektorat, BPKAD dan perwakilan beberapa OPD yang bertugas sebagai fasilitator antara BPK dengan perangkat daerah terperiksa,” jelas Bupati. (Advertorial)

Komentar