oleh

Bupati Boltim Minta Seluruh Sangadi Manfaatkan Dana Desa untuk Pembelian Ambulance

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna menunjang pelayanan kesehatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Bupati Sehan Salim Landjar, anjurkan seluruh Sangadi (kepala desa) agar dapat memanfaatkan Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pembelian mobil Ambulance.

Menurut Bupati, hal ini untuk menyikapi keluhan beberapa desa yang memang belum memiliki mobil ambulance dengan jarak tempuh yang jauh untuk sampai ke Puskesmas.

“Pemerintah telah menyediakan mobil ambulance, tapi hanya ada di setiap Puskesmas yang ada di tujuh kecamatan. Sedangkan di Boltim ada 80 Desa,” kata Bupati Selasa (23/7/2019) di hadapan masyarakat saat pesta rakyat HUT Boltim ke-11.

Lanjutnya, setiap desa membutuhkan mobil ambulance karena jarak yang sangat jauh dengan Puskesmas.

“Memang mobil ambulance di desa sangat dibutuhkan ketika warganya sakit. Jika harus di rujuk ke Puskesmas ataupun ke rumah sakit, tentu butuh mobil,” jelasnya.

Dikatakannya, solusi setiap desa agar bisa memiliki mobil ambulance yakni dengan menggunakan dana desa. “Saya rekomendasikan setiap Sangadi bisa kelola ADD untuk pengadaan mobil Ambulance. Ini sangat membantu atas keluhan masyarakat yang ada di pelosok karena belum ada fasilitas kendaraan ambulance,” jelasnya.

Selain itu, Bupati merekomendasikan untuk membeli mobil Ambulance yang terjangkau dan bermerek.

“Untuk pengadaan mobil Ambulance ada Diler Mobil Wuling, selain harganya murah, kendaraan ini bagus di buat Mobil Ambulance. Nah anggaranya di ambil dari dana desa untuk kebutuhan masyarakat jika ada warganya yang sakit dan harus di rujuk ke Rumah Sakit (RS),” terangnya. (Agung)‬
Baca Juga:  Ini Tanggapan Masyarakat Tentang Sosok Amalia Landjar

Komentar

BERITA LAINNYA