Bupati Bolsel Kukuhkan Dewan Adat Mongondow Bolsel

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru S.Pt, Selasa (5/3) dengan resmi mengukuhkan Dewan Adat Mongondow (DAM) Kabupaten Bolsel. Pengukuhan dan pelantikan DAM Kabupaten Bolsel ini, dilaksanakan di Balai Desa Tobayagan Selatan, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, dengan terbentuknya DAM Kabupaten Bolsel ini, diharapkan dapat lebih memperkuat budaya dan adat Bolaang Mongondow di Kabupaten Bolsel.

“Sebagai daerah yang memiliki keberagaman suku, adat budaya dan etnis, serta agama menjadikan Bolsel begitu spesial. Hadirnya Dewan Adat Mongondow di Bolsel ini, tentu untuk lebih memperkuat budaya dan tradisi leluhur Mongondow yang ada selama ini,” jelas Bupati.

Bupati juga menyampaikan, DAM Kabupaten Bolsel ini juga diharapkan, dapat mengali tradisi yang saat ini mulai terkikis oleh zaman. Apalagi, ditengah era globalisasi saat ini, mulai banyak generasi muda yang melek tentang adat dan budaya Mongondow.

“Semoga dengan adanya DAM Kabupaten Bolsel, penguatan serta pelestarian akan adat dan budaya Mongondow di tanah Bolsel dapat lebih kokoh lagi,” harapnya.

Kegiatan tersebut, juga dirangkaikan dengan Seminar Adat Mongondow, di mana dalam seminar tersebut turut melibatkan Prof. Utia, tokoh akademisi Sulut dari Bolsel, serta beberapa pemateri dari kalangan akademisi, tokoh adat yang ada di Kabupaten Bolsel. (Advetorial)

Komentar