Bupati Bolsel Jadi Khotib Shalat Idul Fitri

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru SPt, Rabu (5/6/2019) menjadi Khatib Shalat Iduh Fitri 1440 Hijriyah atau tahun 2019 masehi, di lapangan Molibagu Kecamatan Bolaang Uki.

Dalam khotbahnya Bupati mengajak seluruh jamaah untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala (SWT) karena masih diberikan umur panjang, hingga masih menyaksikan dan melaksanakan Shalat Sunnah dua rakaat yang dilaksanakan selepas terbit matahari.

“Patutlah kita bersyukur karena pagi ini, kita masih diberikan umur panjang untuk melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjamaah. Kita datang berduyung-duyung ke tempat ini untuk mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid, serta melaksanakan shalat sunnah Idhul Fitri, menandai berakhirnya bulan Suci Ramadhan,” ucap Bupati.

Lanjutnya, Ramadhan merupakan bulan yang disiapkan Allah SWT untuk mendidik jiwa-jiwa yang menjauhi-Nya agar kembali kepada-Nya. Mendidik jiwa-jiwa yang berlumur dosa untuk memohon ampunannya, mendidik jiwa yang lalai dari ibadah untuk bersimpuh, bersujud dan mengikhlaskan pengabdiannya.

“Melalui momentum Idhul Fitri ini akan mengokohkan keimanan dan tauhid kita dengan senantiasa terjaga fitrah kehambaan kita yang lurus. Kita juga akan dijauhkan dari menghinakan diri kepada mahluk. Dengan berpuasa seseorang akan terlatih jujur, tidak makan dan minum walau dalam keadaan sendiri. Ia tidak membohongi diri sendiri yang sedang terkondisi untuk mendekat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, sehingga kita terhindar dari sifat suka berbohong dan menyebar berita bohong,” terang Kamaru.

Dijelaskannya, puasa juga membentuk karakter sabar. Ini sesuai sabda Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam (SAW).

“Puasa adalah setengah dari kesabaran. Dengan menguatkan sifat sabar pada diri seorang muslim, ia dapat menjaga untuk tidak terlibat dalam konflik, pertentangan, apalagi permusuhan sekecil apapun lingkup dan kadarnya,” papar Bupati dihadapan jamaah shalat Idul Fitri. (Advetorial)

Komentar