oleh

BUMDes Loyow Siapkan Dua Program Unggulan

BOGANINEWS, BOLTIM – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Loyow, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Timur), di tahun 2019 ini sudah menyiapkan dua program unggulan untuk menambah Pendapat Asli Desa (PAD).

Hal ini diungkapkan Sangadi (Kepala Desa) Loyow, Tarji Mokoagow, bahwa untuk menambah PAD desanya dan pengelolaan BUMDes, ada dua program yang menjadi andalan di tahun ini, yakni, pembuatan pabrik es balok dan perawatan destinasi wisata pantai.

“Untuk lokasi perencanaan pembuatan pabrik es Balok, lahannya sudah siap bertempat di samping jembatan masuk Desa Loyow dan itu tanah saya sendiri. Namun, pembuatannya tinggal menunggu waktu yang tepat, karena anggarannya masih di kelola di Bumdes simpan pinjam,” ujar Tarji, Selasa (2/7).

Baca Juga:  DPRD Minta BUMDes di Seluruh Desa Berjalan Dengan Baik

Lanjutnya, dengan adanya pabrik es balok, dapat membantu para nelayan dalam pengepakan atau pegawetan ikan.

“Selain bisa mendapatkan hasil dari BUMDes, pabrik es balok dapat mebantu para nelayan dalam pengawetan ikan sebelum dipasarkan atau di jual, karena disini dekat dengan pantai dan banyak para nelayan yang berjualan hasil tangkapan ikan,” akunya.

Sangadi juga menambahkan, selain BUMDes Simpan pinjam, kami juga memiliki objek pantai yang indah dan itu bisa dikembangkan di BUMDes

“Kedepan, selain BUMDes simpan pinjam dan pengelolaan pabrik bs Balok, Saya akan menata lokasi pantai pasir putih yang berada di seberang Desa Loyow. Ada pantai indah yang bisa jadi destinasi wisata bagi para pengunjung, dan ini bisa di kelola dengan BUMDes untuk mendapatkan keuntungan. Untuk akses jalanya saya sudah bikin, tinggal kita tata seperti pantai Chimoky, Pantai Tomsel, Tajung Silar dan Aantai abadi, agar lebih keren dan terkenal. Kali ini untuk perawatan jalannya saya usulkan masuk di APBD, supaya akses jalanya sudah bagus dan sudah banyak yang akan ke pantai ini,” tambahnya. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA