Tambah PAD, Sehan Minta Sangadi Lebih Berinovasi Kelola Dandes di Sektor Wisata

BOGANINEWS, BOLTIM – Demi mewujudkan visi-misi Kabupaten Bolaaang Mongondow Timur (Boltim) dari sektor pariwisata untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), maka Bupati Boltim Sehan Landjar, meminta seluruh Kepala Desa (Sangadi) lebih progres dan berinovatif dalam mengelola Dana Desa (Dandes) untuk potensi tempat wisata.

Pantai Tomsel Boltim

“Saya mau para Sangadi lebih inovatif dalam mengelola dana desa. Juga membuat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sama seperti di Desa Atoga, mereka mengelola Dandesnya selain untuk pembangunan Desa, juga dibuat tempat wisata,” ungkap Bupati saat menyampaikan kondisi daerah pada kunjungan kerja di Kecamatan Kotabunan, Rabu (13/02/2019).

Pantai Patokan yang merupakan salah satu objek wisata di Boltim.

Lanjutnya, Sangadi juga harus lebih kreatif dalam kemajuan desanya untuk kepentingan rakyat. “Dibuat destinasi tempat wisata alam dan wisata kuliner. Selain mendapatkan penghasilan desa, juga bisa membuka lapangan kerja. Memperkerjakan putra-putri di desa itu, mengurangi pengangguran. Jika ada tempat wisata, pasti banyak wisatawan yang akan berkunjung ketempat itu dan mengenal desa. Makanya Sangadi harus lebih berinofatif, jangan hanya terima anggaran dan dipergunakan di pembangunan yang tidak kena sasaran,” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Boltim, Risky Lamalauta, mengajak seluruh desa yang memiliki potensi wisata untuk berinovasi. Ada banyak desa yang memiliki potensial dan perlu sentuhan di sektor wisata.

“Sudah banyak desa yang menjadi contoh produk tempat wisata yang dapat menggenjot perekonomiannya. Dengan adanya destinasi wisata tentu sangat mendukung PAD,” kata kadis. Lanjutnya, tahun ini pihaknya telah menyusun sejumlah program untuk pengembangan pariwisata di daerah. Diantara program tersebut, adalah pengembangan diving center dan juga wisata mangrove yang tahun ini akan di explore. “Anggarannya sudah disiapkan untuk program pengembangan wisata tersebut. Kedepan wisatawan yang akan datang ke daerah ini, tidak hanya bisa melihat keindahan laut Boltim dari atasnya saja, melainkan bisa juga menyelami seraya menikmati keindahan bawah laut boltim,” terang Risky.

Ia juga menambahkan, semua desa harus bisa melakukan kreatifitasnya dalam bidang pariwisata, “Potensi yang ada sangatlah besar. Contohnya Desa Atoga, dari semua desa se BMR belum ada yang mengembangkan wisata seperti itu. Salah satu kelebihannya adanya tempat wisata, bisa membuka ruang serta peluang kerja bagi masyarakat yang ada di sekitar lokasi. Pemerintah dan Dinas terkait berkewenangan untuk regulasi, pelatihan, pemasaran dan promosi,” ungkapnya.

Diketahui, Boltim sekarang menjadi sasaran wisatawan mancanegara (Wisman). jumlah kunjungan wisman tahun lalu berkisar 700-an orang. (Agung)

Berikut Destinasi wisata yang ada di Boltim :

– Gunung Ambang
– Danau Moaat
– Danau Tondok Hills
– Air terjun Matabulu
– Tanjung Woka
– Pulau Nenas
– Tanjung Silar
– Tanjung Abadi
– Villa Mooat
– Villa Tobongon
– Air Panas Bongkodai
– Wisata Taman Kota dan Cafe Strawberry
– Goba Molunow
– River view
– Pantai Tomsel.

Sumber : Disparbud Boltim

Komentar