Sekda Boltim Jadi Irup di Hari Sumpah Pemuda

BOGANINEWS, BOLTIM – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 90 turut dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dengan menggelar upacara bendera pada Senin (29/10) di halaman Kantor Bupati Boltim.

Bertemakan “Membangun Pemuda Satukan Indonesia”, Sekretaris Daerah (Sekda) Boltim Ir Muhammad Assagaf bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) dan membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi.

“Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan kita semua berhutang budi kepada tokoh pemuda di tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” kata Sekda membacakan pidato Kemenpora.

Lanjutnya, di hari sumpah pemuda yang ke 90 ini, tema dimaksudkan untuk pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Dari tema ini dapat melahirkan generasi muda yang berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945” ucap Sekda.

Dikatakan pula, telah lahir Pemuda-pemuda hebat Indonesia, serta mampu berkompetisi di kancah Asia. “Perhelatan asian games, para atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa asia, dan berhasil menduduki peringkat, Serta di ajang asian paragames para atlet kita berhasil menduduki peringkat juga, Ini adalah sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia, serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme” jelas Sekda.

Ditambahkanya, di tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tingkat I, dan Tingkat II.

“Peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum nanti, dari partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas. Mari kita bangun pemuda Indonesia, satukan Indonesia, hormati jasa pemuda terdahulu,” jelas Sekda. (Advetorial)

Komentar