Puskesmas Kotabunan Raih Akreditasi Utama se-Sulut

BOGANINEWS, BOLTIM – Peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus dipacu Pemkab Boltim melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Terbukti dengan diraihnya predikat Akreditasi Utama se- Sulawesi Utara (Sulut), yang diterima oleh Puskesmas (PKM) Kotabunan.
Menurut Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi, pengertian
Akreditasi Puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi dan/atau Perwakilan di Provinsi terhadap puskesmas untuk menilai apakah system manajemen mutu dan system penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan.
“Jadi yang menilai Puskesmas merupakan komisi yang memang sudah dilatih kusus menjadi penilai, apakah sebuah Puskesmas lulus akreditasi atau tidak. Tujuan umum dari akreditasi Puskesmas adalah meningkatkan mutu layanan Puskesmas yang diatur dalam Permenkes Nomor 75 tahun 2014,” jelas Eko Marsidi, Senin (18/11/2019).
Lanjutnya, akreditasi ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. “Akreditas Puskesmas penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien. Dari 194 Puskesmas yang ada di Sulawesi utara, baru dua yang terakreditasi Utama yaitu PKM Wori dan PKM Kotabunan,” jelas Marsidi.
Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapus) Kotabunan, Novita Hala, merasa bersyukur atas hasil yang di dapat dan tidak menutup kemungkinan PKM Kotabunan akan meraih predikat tertinggi lagi yakni Paripurna.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung baik fikiran maupun tenaga. Terima kasih untuk Kadis Kesehatan Eko Marsidi, Camat Kotabunan, Kapolsek Kotabunan, Danramil Kotabunan, Sangadi se-Kotabunan, kader-kader kesehatan, para pendamping dari Dinkes Boltim dan lebih khusus untuk seluruh staf Puskesmas Kotabunan,” ucap Kapus Novita.
Diketahui, tahun 2019 di Kabupaten Boltim dilaksanakan Akreditasi untuk tiga Puskesmas, yaitu PKM Buyat sudah di akreditasi tapi belum keluar hasil akreditasi, PKM Mooat dan PKM Modayak Barat menunggu jadwal akreditasi.
Sedangkan yang di Reakreditasi dua PKM, yaitu Puskesmas Kotabunan sudah di reakreditasi dengan hasil terakreditasi Utama, dan Puskesmas Modayag jadwal reakreditasi tanggal 20 sampai 23 November. Untuk PKM Nuangan sudah di akreditasi tahun 2017 dengan hasil terakreditasi dasar dan PKM Tutuyan sudah di Akreditasi tahun 2018 dengan hasil terakreditasi Madya. Sedangkan Puskesmas Motongkat belum di akreditasi, kemungkinan di tahun 2020. (Agung)

Komentar