PKM Kotabunan Canangkan KesOrga

BOGANINEWS, BOLTIM – Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Puskesmas Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), canangkan Program Kesehatan Olahraga (KesOrga).

Program kesehatan yang diperuntukan bagi kaum lanjut usia (Lansia) ini, diberi slogan “Senam sehat, bugar dan bahagia buat Lansia”. Kepala Puskesmas (Kapus) Kotabunan dr. Marzuki Abdul mengatakan, KesOrga yang dikhususkan buat kaum Lansia ini sudah di jalankan sejak tahun 2018, dan rutin dilaksanakan saat ada Posyandu.

“Program kesehatan olahraga ini, secara rutin setiap bulan dilaksanakan di Posyandu di setiap desa se Kecamatam Kotabunan. Tujuanya untuk kesehatan para Lansia. Termasuk pemeriksaan kesehatan gratis, juga pemberian vitamin tulang. Selain itu, para lansia di ajak meregangkan otot, senam dan pemberian materi tentang kesehatan Lansia,” jelas Kapus.

Senada dikatakan bagian Program Kesehatan (Promkes) olahraga dan kesehatan kerja, Maman Dekwanto Ingo. Dikatakannya, ini sesuai program Kapus, yaitu senam sehat untuk Lansia sehat, bugar dan bahagia. Sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada Lansia.

“Selain senam Lansia, juga ada pemeriksaan kolestrol, asam urat dan diabetes. Tak hanya itu, para lansia diberikan susu untuk pencegah diabetes dan vitamin tulang” jelas Maman.

Diketahui, di setiap desa berkisar 10 sampai 20 lansia yang mengikuti senam lansia dan melakukan pemeriksaan kesehatan. (Agung)

Komentar