Pjs Bupati Boltim Tekankan Serapan Anggaran dan Penanganan Covid-19

BOGANINEWS, BOLTIM – Pjs. Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Christiano E. Talumepa, SH. M.Si, bertindak selaku pembina apel pagi kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), di halaman kantor Bupati, Senin (16/11/2020).
Dalam sambutannya Pjs. Bupati menyampaikan, bahwa saat ini sudah masuk pada akhir triwulan empat, sehingga ia menyampaikan kepada kepala SKPD dan pejabat yang terkait dan staf untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran.
“Program dan kegiatan yang telah di rencanakan sesuai RKA, harus di genjot karena batas pencairan anggaran pada bulan Desember adalah tanggal 15. Oleh karena itu jangan lagi pekerjaan kita tertumpuk pada bulan Desember,” jelasnya.
Lanjutnya, dari hasil penerimaan CPNS tahun lalu 88 orang yang lulus tes dan kepada BKPSDM segera mengatur distribusinya agar mereka sudah langsung dapat menyesuaikan.
“Saya sampaikan kepada CPNS bahwa anda ini baru calon, maka pegang teguh Trimatra Pengabdian yakni Disiplin, Profesionalisme dan Loyalitas. Karena jika di dalam penilaian selama dua tahun kemudian ada hal-hal yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka sia-sia anda lulus sebagai PNS. Sekali lagi saya mengingatkan agar kalian langsung menyesuaikan dan bersinergi dengan organisasi unit kerja yang akan di tempatkan. Trimatra harus di perhatikan, jangan mengikuti senior- senior yang malas,” tegas Talumepa.
Terkait dengan Covid-19, ia menyampaikan, jika Covid-19 akan di ketahui ketika dilakukan tes. Sehingga ketika ada yang terkonfirmasi positif, maka segera dilakukan tracking pada orang yang kontak erat resiko tinggi (KERT) kemudian di treatmen.
“Kita telah melakukan swab di beberapa SKPD. Ada yang positif dan saya telah menginstruksikan kepada Kadis Kesehatan untuk melakukan tracking KERT di SKPD. Semua harus melakukan tes tidak ada yang terkecuali dan saya sudah mengawali untuk tes swab,” jelasnya.
Ia juga menegaskan, jika ada yang tidak mau diperiksa, maka segera dilaporkan. “Hanya kita yang dapat memutus rantai penularannya, jadi harus dimulai dari diri kita sendiri. Mudah mudahan hasil tes nanti tidak bertambah lagi sehingga kita harus menjaga diri dan mematuhi protokol penangan Covid-19,” tegasnya.
Lanjutnya, saat ini sudah ada pagu definitif tahun anggaran 2021, sehingga TAPD nanti akan melakukan pembahasan terkait dengan anggaran 2021 yang akan di breakdown ke setiap SKPD dituangkan dalam RKA sesuai dengan kebutuhan. “Saya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua ASN yang telah mengikuti pelaksanaan apel,” ucapnya. Diketahui, apel diikuti oleh seluruh pejabat eselon II, III dan IV, serta diikuti staf dan honorer. (Agung)

Komentar