Pjs. Bupati Boltim Saksikan Penandatangan NPHD Untuk Rumah Ibadah

BOGANINEWS, BOLTIM – Pjs. Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Christiano E. Talumepa, SH. M.Si, menyaksikan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) untuk rumah ibadah mesjid dan gereja yang berlangsung di aula lantai tiga kantor bupati, Jumat 13 November 2020.

Penandatanganan NPHD untuk bantuan rumah ibadah dilakukan antara Kabid Aset BKD provinsi, mewakili Pemerintah Provinsi dengan Imam dan Pendeta penerima bantuan untuk rumah masing masing berjumlah 20 juta rupiah tiap rumah ibadah.

Seperti yang disampaikan Melky Matindas, SE. MAP Kabid Aset BKD Provinsi bahwa pada tahun 2020 ini Pemprov Sulut telah menganggarkan batuan untuk 22 rumah ibadah mesjid dan gereja dan yang telah disalurkan adalah bantuan untuk 5 rumah ibadah dan untuk sisa 17 rumah ibadah yang dilaksanakan pada hari ini proses administrasi dan penanda tangan NPHD.

Sementara itu Pjs. Bupati Boltim Christiano E. Talumepa menyampaikan bahwa program ini patut diberikan apresiasi kepada tim dari pemerintah provinsi Sulawesi Utara (Sulut), karena ini merupakan bagian dari atensi atau perhatian Pemprov terhadap Pemkab Boltim khusunya untuk pemberian bantuan bidang keagamaan dalam hal ini untuk rumah ibadah.

“Bantuan ini tentu didasari dengan proposal dari pengurus mesjid atau gereja kepada Gubernur Sulawesi Utara.
Kemudian saya disini berbicara dua fungsi, satu mewakili pemerintah provinsi karena saya adalah pejabat di provinsi yang ditugaskan di sini sebagai Pjs Bupati, jadi badan saya setengah di Provinsi dan setengah di Boltim, tetapi hakekatnya satu di masyarakat Boltim,” ucap Pjs Bupati Boltim.

Lanjutnya, sebagai Pjs Bupati saya memimpin pelaksanaan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, kalau bicara pemerintahan maka di dalamnya ada keagamaan dan saya melihat banyak rumah ibadah dalam proses pembangunan atau renovasi dan ini merupakan starting poin, awal dari pemerintah provinsi memberikan bantuan untuk rumah ibadah.

“Dana ini bisa di gunakan sesuai kebutuhan. kedepan akan ada lagi dari pemerintah provinsi. Selanjutnya salah satu tugas pemerintah daerah adalah mensukseskan Pilkada 9 Desember nanti, oleh karena itu pada kesempatan yang strategis ini saya menitipkan kepada bapak ibu yang merupakan tokoh agama, tokoh umat yang ada untuk dapat menghimbau kepada umat atau jemaat agar supaya dalam agenda nasional 9 Desember nanti agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik, jaga keamanan agar jamaah tetap dalam kondisi yang kondusif jangan hanya karena pilkada hubungan kekeluargaan jadi renggang, oleh sebab itu berikan pemahaman kepada jemaah muslim atau kristen untuk berpartisipasi mensukseskan Pilkada aman dan damai karena bapak ibu adalah teladan untuk umat,” pintanya.

Mudah mudahan bantuan dari pemerintah Provinsi ini akan bermanfaat untuk masyarakat dan harapan kami pemerintah kabupaten agar kedepan akan ada lagi.

Hadir pada acara tersebut adalah asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Priyamos, SH. MM, Kaban Keuangan Wiwiek Buhari, SE. Kabag Kesra dan dari unsur Pemerintah Provinsi serta tokoh agama muslim dan kristen. (Agung)

Komentar