Pemkab Boltim Buka Peluang Potensi Desa untuk Investasi

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Boltim, mulai penyusunanan Kajian Sumber Daya Alam (SDA), terkait potensi desa guna investasi.
Penyusunan kajian ini mengingat SDA sangat berpengaruh dalam menunjang berbagai hasil pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu, Kepala DPMPTSP Boltim, Saprudin Mokoagow, tengah penyusunan kajian potensi desa dilaksanakan dalam diskusi bersama pemerintah wilayah kecamatan dan desa, serta instansi terkait di lingkup Pemda Boltim.
“Perencanaan kajian ini sangat penting, apalagi menyangkut dengan invesatasi. Dalam program ini, kita akan melihat semua potensi yang ada di desa lewat sebuah diskusi. Pertemuan dilakukan bertahap dan ini baru tahap pertama,” jelas Saprudin Jumat (4/10/2019).
Menurutnya, sasaran objek dalam program tersebut ada di wilayah desa yang memilik potensi. Nantinya akan terakomodir dan termuat dalam satu dokumen Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM).
“Misalnya desa yang memiliki potensi pariwisata, perikanan, pertanian, perdagangan, pertambangan dan lainnya yang bisa mendatangkan insvestor sebagai penanam modal di daerah, sehingga dapat memajukan ekonomi masyarakat,” jelas Mokoagow.
Tambahnya, melihat dari inovasi yang ada di desa yang dikelolah lewat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), maka dapat mengukur peluang investasi.
“Dalam hal ini, DPMPTSP bertugas mempromosikan potensi- potensi yang ada di Boltim. Sebaliknya istansi atau dinas teknis menyediakan semua sarana untuk desa yang memiliki potensi. Kalau sudah rampung, akan dibuatkan buku dan dipamerkan dalam kegiatan pameran. Sehinga potensi daerah memiliki kesempatan untuk terpromosi agar investor bisa tertarik untuk menanamkan modalnya,” terang Saprudin. (Agung)

Komentar