Pemdes Nuangan Barat dan BKKBN Serukan Sosialisasi Keluarga Berencana Berkualitas

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa Pemdes Nuangan Barat Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Boltim, Senin (29/7/2024) dapat penyuluhan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), terkait keluarga berencana keluarga berkualitas.

Menurut narasumber dari Dinas KB BKKBN Kabupaten Boltim Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesertaan ber KB, yang dihadiri oleh 100 PUS, Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi memahami tentang metode kontrasepsi dan 4 T.

“Kegiatan ini terlaksana dikarenakan usaha yang dilakukan oleh PKK dan kader desa dalam mengadvokasi/membuat proposal/mengajak masyarakat dan RT/RW sehingga dengan bantuan/fasilitasi desa kegiatan bisa berjalan.

Kami juga menekankan bahwa pembinaan dan penyuluhan ini merupakan bagian integral dari upaya pemerintah dalam membangun dan membentuk Kampung Keluarga Berkualitas. Semua pihak diharapkan dapat berdedikasi tinggi untuk mensukseskan program ini agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam jangka panjang,”ujar Fera Narsum BKKBN.

Sementara itu Sangadi Nuangan Barat Evendi Suangi SP,d. menambahkan Kegiatan penyuluhan dari BKKBN mulai dari lansia, ibu yang mempunyai bayi dan balita, kemudian ibu yang mempunyai kelompok usaha sampai pada penyuluhan usia remaja masuk reproduksi masa kawin.

“Pembinaan tersebut mencakup berbagai aspek, termasuk persiapan sebelum pernikahan, pemberian bimbingan kepada calon pengantin, dan pengenalan konsep Keluarga Berkualitas. Para peserta, yang merupakan utusan dari tiap dusun RT RW, diharapkan dapat menjadi agen perubahan di masyarakat,” jelas Evendi Suangi.

Menurutnya dengan semangat pembinaan dan penyuluhan, diharapkan masyarakat Kecamatan Nuangan, dapat aktif terlibat dalam membentuk keluarga yang harmonis dan berkualitas, sesuai dengan visi pemerintah dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan berkelanjutan.

Tentunya degan penghargaan ini, kita akan semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan selalu mengedukasi memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait program pemerintah di Dinas PPKB,” ujar Sangadi Nuangan Barat.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar