Hari Terakhir KPU Boltim Terima Dokumen Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Boltim SSM dan RM

BOGANINEWS, BOLTIM – Tahapan pendaftaran bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 resmi ditutup oleh penyelenggara Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Boltim pada hari ini Kamis (29/8/2024).

Tahapan pendaftaran Bakal calon Kepala Daerah di Pilkada serentak 2024 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Boltim tersebut berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus pukul 23-59 tengah malam, bertempat di gedung Aula BPU Kecamatan Tutuyan.

Adapun di hari pertama pendaftaran belum ada yang datang mendaftar, dan di hari kedua yang datang mendaftar pasangan calon Oskar Manoppo bersama Argo Sumaiku, dan hari ke tiga pendaftaran, Kamis 29 Agustus 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim menerima dokumen pendaftaran pasangan calon (Paslon) Sam Sachrul Mamonto dan Rusmin Mokoagow (Arus) yang diusung Partai NasDem, PDI-P, PAN, Perindo, dan Gerindra.

Pantauan Media ini, penyerahan dokumen persyaratan pencalonan oleh paslon Sam Sachrul Mamonto dan Rusmin Mokoagow di terima langsung oleh Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto, di dampingi jajaran Komisioner KPU Boltim Ikal Salehe, Wardoyo Elias, Adhecilmi Abukasim, Nugroho Lasabuda dan tim staf data KPU Boltim.

Setelah diserahkan, dokumen persyaratan kemudian dilakukan verifikasi untuk ditetapkan memenuhi syarat atau tidak oleh lembaga penyelenggara Pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu Kabupaten Boltim.

Selanjutnya penandatanganan berita acara penyerahan naskah visi dan misi serta progam paslon.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto menyampaikan ucapan selamat datang kepada paslon Sam Sachrul Mamonto dan Rusmin Mokoagow juga para Parpol pengusung, yang telah datang mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Boltim.

“Perlu diketahui ini adalah hari terakhir pendaftaran bagi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Boltim. Dan kami telah menerima berkas pendaftaran paslon Sam Sachrul Mamonto bersama Rusmin Mokoagow yang dimana adalah pasangan ke dua yang kami terima,” aku Rusmin Mamonto.

Menurutnya setelah melalui verifikasi oleh tim dokumen persyaratan pencalonan pasangan calon, berkas bapak Sam Sachrul Mamonto dan Rusmin Mokoagow telah memenuhi syarat pencalonan.

“Telah kami terima dokumen dari Paslon Sam Sachrul Mamonto dan Rusmin Mokoagow dan langsung dilakukan verifikasi oleh tim kami, dan dinyatakan lengkap dan diterima, selanjutnya paslon yang telah mendaftar akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Prov Kandouw Manado. Adapun untuk pemeriksaan kesehatan ini, surat pengantar sudah kami serahkan,” jelas Ketua KPU Boltim.

Pendaftaran juga dihadiri pimpinan parpol pengusung, LO tim dan simpatisan pemenangan Sam Sachrul Mamonto dan Rusmin Mokoagow. Pendaftaran berjalan aman dan kondusif.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar