Gandeng Insan Pers, KPU Boltim Gelar Media Gathering Bahas Peran Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2024

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut), gandeng Insan Pers di kegiatan Media Gathering untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Boltim Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung di CEO Resto & Cafe Desa Paret Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim, pada Rabu, (24/7/2024), dan dihadiri Ketua KPU Rusmin Mamonto, bersama jajaran Komisioner KPU Boltim Ikal Salehe, Wardoyo Elias, Nugroho Lasabuda dan sejumlah wartawan media Biro Boltim, yang menghadirkan narasumber Kasat Intel, dan Kasie Humas Polres Boltim, serta mantan KPU Boltim, Jamar Rahman Iroth.

Kegiatan Media Gathering berlangsung diskusi yang alot namun tertib dengan mengangkat tema “Pilar Ke Empat Menjaga Kewarasan, dan Menjaga Demokrasi.

Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto yang juga mantan jurnalis ini saat membuka kegiatan tersebut mengatakan peran penting media sebagai pilar demokrasi dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

“Keberhasilan Pilkada bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU semata, melainkan membutuhkan bantuan dan kerjasama dari wartawan, Polri, dan TNI, pemerintah, bahkan seluruh elemen masyarakat, dalam mensukseskan pelaksanaan hajat setiap lima tahunan ini,” aku Rusmin Mamonto.

Lebih lanjut Rusmin menginformasikan bahwa tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati akan dilaksanakan pada 27 Juli hingga 29 Agustus 2024.

“Sebagian tahapan Pilkada sudah kami jalankan, mulai dari awal Pemilu kemarin, dan pembentukan edhoc PPK PPS sampai Pantarlih dan pencoklitan yang berakhir pada 24 Juli hari ini. Makanya kami berharap para wartawan untuk dapat membantu KPU guna menyebarluaskan informasi ini melalui media sebagai bahan sosialisasi bagi masyarakat. Dengan adanya kerjasama yang baik antara KPU, media, dan lembaga penegak hukum, diharapkan Pilkada 2024 di Boltim dapat berjalan dengan sukses dan demokratis,” jelas Rusmin Mamonto.

Sementara Haikal Salehe membidangi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemili, Partisipasi Masyarakat, menyampaikan. Pertemuan dengan Wartawan bukan yang pertama ini namun untuk selama tahapan Pilkada ini berjalan.

“Mari Kita sukseskan bersama pelaksanaan pilkada tahun 2024 ini, kami terbuka untuk masyarakat dan siapa saja yang ingin bertanya tentang tahapan pilkada, termasuk peran pers,” ucap Ikal Salehe.

Nugroho Lasabuda, Divisi Teknis Penyelenggaraan juga menambahkan agar peran Insan Pers juga tidak hanya meliput kegiatan KPU yang seremonial saja, namun kritikan masukan bagi KPU juga perlu disampaikan kepada kami sebagai bahan koreksi dan perbaikan kami dalam pelaksanaan tahapan Pilkada serentak.

Senada yang dikatakan Wardoyo Elias, Divisi Hukum dan Pengawasan berharap dengan adanya kerjasama yang baik antara KPU, media, dan lembaga penegak hukum, diharapkan Pilkada 2024 di Boltim dapat berjalan dengan sukses dan demokratis, hingga dapat melahirkan pemimpin yang jujur adil seperti yang diharapkan masyarakat.

Selanjutnya pemaparan dari kasi Humas dan Intel Polres Boltim terkait penyebaran informasi isu dan berita hoaks ditengah tangah masyarakat agar dapat ditepis oleh informasi yang baik dan benar dari insan pers.

Begitu juga dari Narasumber mantan Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth yang juga sebagai seniman dan penulis, Ia berharap ada kolaborasi antara wartawan, penegak hukum, dan KPU dalam memberikan edukasi sosialisasi informasi yang baik kepada masyarakat agar tercipta pilkada yang aman damai jujur dan adil.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar