Dua Nama Menguat Menggantikan Sekda Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Jelang pergantian Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ir Muhammad Assagaf, yang tinggal menghitung hari lagi, ada dua nama yang menguat dari ketujuh ASN usulan peganti Sekda.
Dari tujuh nama yang di godok, lima diantaranya Setiono, Priyamos, Soni Waroka, MR Alung serta Eko Marsidi. Namun ada dua nama yang menguat yakni Djainudin Mokoginta dan Iksan Pangalima. Hal ini diungkapkan Sekda Muhammad Assagaf. Dikatakannya, calon Penjabat Sekda mengerucut di dua nama.
“Semuanya memiliki kompeten dan peluang yang sama. Namun penjabat Sekda yang akan mengantikan saya, antara Djainudin Mokoginta dan Iksan Pangalima,” ungkap Assagaf kepada sejumlah awak media, Jumat (16/8/2019).
Lanjutnya, ada satu nama yang diusulkan untuk meminta persetujuan Gubernur.
“Nanti ada satu nama yang akan disampaikan ke Gubernur untuk disetujui. Namun untuk satu nama tersebut akan ditentukan oleh Bupati,” jelasnya.
Terkait serah terima jabatan (Sertijab), Assagaf memastikan akan digelar akhir bulan ini.
“Untuk Sertijab, tinggal menunggu minggu terakhir, di bulan Agustus ini, usai sholat Jumat,” kata Assagaf.
Lanjutnya, Penjabat Sekda akan melaksanakan tugas sambil menunggu Sekda definitif.
“Nanti Penjabat Sekda melaksanakan tugas paling lama enam bulan, sambil memfasilitasi tahapan seleksi Sekda Boltim yang devinitif,” terangnya.
Dijelaskannya, proses pengangkatan Penjabat Sekda, tidak akan mengalami kesulitan.
“Saat satu nama disampaikan kepada Gubernur, kemudian gubernur tidak menindaklanjuti selama 14 hari, maka nama yang diusulakan oleh bupati secara otomatis menjadi Penjabat Sekda,” jelasnya.
Sebelumnya, Bupati Sehan Landjar mengatakan, jika Sekda Muhammad Assagaf akan mengakhiri jabatan sebagai panglima ASN tahun ini.
“September masa jabatan Sekda Boltim Muhammad Assagaf akan berakhir. Beliau sudah banyak berbuat dan mengabdi dengan baik di Boltim. Semoga para ASN yang ada di Boltim, dapat meniru kinerja dan teladanya Assagaf,” ucap Bupati. (Agung)

Komentar