DPRD Boltim dan Kanwil Kemenkumham Teken MoU Kerjasama di Bidang Pembentukan Produk Hukum Daerah

BOGANINEWS, BOLTIM – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham) Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (15/1/2020) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Momerandum of Understanding (MoU) tentang kerjasama di bidang pembentukan produk hukum daerah, bertempat di gedung Kanwil Kemenkumham Sulut, di Manado.
Ketua DPRD Boltim Fuad S. Landjar, dalam sambutannya mengatakan, kerjasama ini adalah tindak lanjut terhadap Permendagri Nomor 120 tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 80 tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.
“DPRD Bolaang Mongondow Timur memberikan apresiasi kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara beserta jajarannya atas kerjasama ini. Semoga dengan kerjasama ini Perda yang disusun oleh DPRD dapat lebih berkualitas, serta dapat menjawab beberapa permasalahan karena didampingi oleh perancang peraturan perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga tidak ada lagi aturan-aturan yang bertentangan dengan produk hukum di atasnya,” papar Fuad.
Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulut, Lumaksono,SH.,MH mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman tersebut dalam rangka Pembentukan Produk Hukum Daerah dengan maksud melakukan upaya fasilitasi perencanaan hingga melakukan upaya penyusunan baik naskah akademik, perencanaan penyusunan pembahasan, hingga publikasi peraturan perundang-undangan yang sudah dibentuk.
“Saya sebagai kepala Kanwil Kemenkumham menyambut baik kerjasama yang dibangun agar kegiatan dalam rangka penyusunan produk hukum daerah ini, menjadi suatu produk hukum yang benar-benar menyentuh harapan masyarakat. Kerjasama ini telah terjalin harmonis setiap tahun.
Sinergitas ini diharapkan akan dapat menciptakan pembangunan hukum di Bolaang Mongondow Timur,” jelasnya.
Penandatanganan MoU ini turut dihadiri oleh anggota DPRD, Sekretaris DPRD Boltim, beserta jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut. (Agung)

Komentar