Dikbud Boltim Canangkan Program Peningakatan Kualitas SDM dan Nilai Budaya

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun ini memprioritaskan program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan nilai kultur kebudayaan dan bahasa.

Hal ini disampaikan Kepala Dikbud Boltim Yusri Damopolii, bahwa pentingnya peningkatan SDM dan kebudayaan guna peningkatan kualitas pelajar di Kabupaten Boltim.

“Upaya tersebut juga bertujuan untuk membentuk karakter pelajar supaya memiliki moral dan etika baik. Jadi setiap pelajar di Boltim tak hanya pintar, tapi punya etika dan moral yang baik,” jelas Yusri, Rabu (15/5/2109).

Dijelaskannya, upaya peningkatan kebudayaan akan diterapkan melalui metode pengenalan kembali tentang kaidah bahasa dan seni budaya disetiap sekolah.

“Nantinya akan diberlakukannya kembali bidang studi Muatan Lokal (Mulok) yang akan disesuaikan dengan etnis dan budaya bahasa. Selain itu, kita sesuaikan bidang studi Mulok pada penguasaan bahasa daerah (Mongondow). Nah, tinggal kita lihat kultur bahasa mengenai kaidah bahasanya sendiri,” kata Yusri.

Hal ini kata Yusri,agar tingkat SDM di Boltim lebih meningkat. Oleh sebab itu, tahun ini akan diberlakukan penguatan tenaga pengajar untuk memaksimalkan kualitas pembelajaran disetiap sekolah.

“Kita harapkan setiap tenaga pengajar harus berkualitas, agar siswanya juga mempunyai kualitas. Jumlah guru SD dan SMP ada 582 pengajar, dan tahun ini Boltim ketambahan 172 tenaga pengajar hasil dari seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018,” katanya. (Agung)

Komentar