Cuaca ekstrim Akses Jalan Menuju Desa Jiko Belanga Putus, ada Enam Titik Longsor

BOGANINEWS, BOLTIM – Hujan deras melanda di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), membuat akses jalan Desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan longsor putus tidak bisa di lalui.

Sangadi Jiko Belanga Seprianto J Matuak pada media ini Kamis (11/7/2024) menginformasikan ada kurang lebih enam titik longsor di lokasi jalan menuju Desanya.

“Akibat hujan yang tak kunjung berhenti sudah seminggu ini, mengakibatkan longsor di enam titik, hingga akses jalan desa Jiko Belanga putus, tidak bisa dilewati warga dan kendaraan,” kata Sangadi.

Akibat dari longsor itu lanjut Sangadi, untuk menuju Desanya Warga terjebak tidak bisa mengunakan akses jalan darat.

“Ada beberapa warga mencoba mengunakan transportasi laut menggunakan perahu, namun kerana cuaca ekstrim gelombang mencapai 2 meter di Tanjung Plasko Jiko belanga, ditambah jalanya longsor (putus) kami terisolir, dan tidak bisa melewati akses jalan tersebut,” akunya.

Atas kejadian itu, Pemdes Jiko belanga pun berharap agar Pemerintah Daerah, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas PU bisa membantu, dan bisa turun ke lokasi untuk mengecek kondisi jalan tersebut.

“Kami tidak bisa berbuat apa apa, ini fenomena alam Cuaca Ekstrim, namum saya juga sudah berkoordinasi degan instansi Pemkab terkait melaporkan kondisi saat ini. Kami berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD dan Dinas PU untuk dapat menurunkan alat berat agar memperbaiki jalan tersebut dan mengevakuasi warga yang terdampak longsor,” pintanya.

Dari fenomena alam prediksi BMKG bahwa cuaca ekstrim atau disebut La Nina musim penghujan masih berlanjut, kami selaku Pemerintah desa menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan selalu waspada.

“Saya menghimbau bagi warga yang ada di bantaran sungai, pantai dan pinggiran kaki gunung agar tetap berhati-hati, karena musim penghujan rawan longsor juga banjir. Bagi para nelayan agar jangan dulu melakukan aktivitas di pantai, karena angin dan gelombang air pantai tanjung plesko yang meningkat di musim penghujan,”pintanya.

Terinformasi bukan hanya di Desa Jiko Belanga akses jalan yang putus akibat Hujan deras, namum jalan penghubung ke ibu kota Boltim tertutup longsor dan reruntuhan pohon.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar