16 Peserta UKW Boltim Dinyatakan Berkompeten

BOGANINEWS, BOLTIM – Sebayak 16 peserta yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang dilaksanakan selama dua hari di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut, mulai Jumat 8 hingg 9 November 2019 telah dinyatakan berkompoten, oleh Dewan Pers, selaku penguji.
Pengumuman hasil UKW dibacakan langsung oleh salah satu penguji Ismet Rauf perwakilan Dewan Pers Pusat. Dia menyebutkan, dari 16 peserta yang mengikuti UKW dua kelas muda yang di ikuti 12 peserta, dan satu kelas untuk madya di ikuti 4 peserta, semuanya dinyatakan lulus 100 persen berkompeten.
“Keseluruhan peserta ada 18 orang. 12 peserta kelas muda dan 6 peserta kelas madya. Namun dua peserta kelas madya tidak ikut. Tapi Alhamdulillah seratus persen semuanya berkompeten,” kata Rauf, saat penutupan UKW, Saptu kemarin (9/11/2019).
Rauf juga mengatakan, sampai dengan saat ini UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat Nasional sudah 425 angkatan dan jumlah kompetensi sebanyak 11,367 wartawan.
“Ditambah dengan UKW Sulut angkatan ke 22 sebanyak 16 wartawan. Jadi total yang ada sekarang bertambah menjadi 11.383 wartawan,” ungkap Rauf senior Jurnalis Koran Antara.
Sementara itu, Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan pada kesempatan itu mengaku terharu, karena yang ikut UKW semuanya kompeten.
“Banyak selamat pada peserta angkatan 22. Ini perjuangan yang luar biasa. Saya terharu saat mendengar teman-teman PWI Bolaang Mongondow Timur kompeten semua,” ucap Ketua PWI Sulut.
Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Boltim Faruk Langaru berpesan, wartawan yang sudah dinyatakan kompeten melalui uji kompetensi dituntut untuk selalu menjaga kehormatan profesinya.
“Bagi yang sudah kompeten harus menjaga etika, Kode Etik Jurnalis dan terus belajar, karena tidak ada kata hatam dalam belajar,” tegasnya.
Lanjutnya, setiap anggota PWI yang sudah dinyatakan kompeten setelah menempuh UKW, harus terpanggil untuk selalu bersikap dan bertindak profesional.
“Dengan bertindak profesional, berarti anggota PWI tidak hanya menjaga marwah atau kehormatan profesi saja, tetapi sudah berkontribusi menjaga harga diri bangsa Indonesia,” ujarnya.
Diketahui, peserta UKW Madya di ikuti Ketua PWI Boltim, Faruk Langaru, Sekertaris PWI Boltim Iskandar Zulkarnain, Ketua PWI  Tomohon, John Paransi dan Ketua PWI Kotamobagu, Gunadi Mondo.
Semengtara, UKW muda pesertanya, Agung Mokodompit, Hidayat Vay Lasambu, Gunawan Mamonto, Abdi Mokodongan, Mufid Faris Mokodompit, Yaman Igirisa, Syaban Korompot, Eco Mamangkai, Chindi Limo, Matt Rey Kartorejo, Rifky Palengkahu, dan Hendra Kiu. (Agung)

Komentar