Pemkab Bolsel Raih Penghargaan HAM 2018

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa (11/12) menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat sebagai salah satu daerah peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Presiden RI dan diserahkan melalui Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly tersebut, diterima langsung oleh Bupati Bolsel Iskandar Kamaru SPt, di sela-sela kegiatan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-70 se-dunia di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, Jakarta.

Bupati Iskandar Kamaru, didamping Kabag Hukum Setda Bolsel Kadek Wijayanto, dan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber daya Manusia (BKSDM) Bolsel Arsalan Makalalag, usai menerima penghargaan mengaku sangat bersyukur dan bangga atas raihan penghargaan tersebut.

Menurut Bupati, penghargaan ini diterima atas kerja sama dan kerja keras semua pihak. “Kabupaten Bolsel berada di daerah perbatasan dan menjadi lirikan para investor pariwisata dan wisatawan, baik lokal maupun manca Negara. Justru itu, pemenuhan HAM selalu menjadi prioritas,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas penghargaan dan dipilihnya Kabupaten Bolsel sebagai salah satu daerah yang peduli HAM. “Penghargaan HAM ini karena telah terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat khususnya di Kabupaten Bolsel, baik hak pendidikan, hak kesehatan, hak untuk hidup dan hak-hak dasar lainnya,” papar Bupati.

Ia juga mengimbau, agar seluruh elemen di Kabupaten Bolsel untuk dapat bergandengan tangan dalam membangun bersama dan tetap menghadirkan keadilan HAM serta sosial bagi seluruh rakyat Bolsel, demi kokohnya pondasi HAM.

“Semoga ke depan dukungan masyarakat dan pemenuhan untuk penegakan Hukum dan HAM di Kabupaten Bolsel makin meningkat. Sebab, penganugerahan Kabupaten Bolsel sebagai daerah peduli HAM, pada dasarnya merupakan bentuk komitmen, kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah, yaitu dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakkan dan pemajuan HAM (P5HAM). Hal ini sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM dan PermenkumHAM Nomor 34 Tahun 2016 tentang kriteria daerah Kabupaten Peduli HAM,” terang Bupati.

Diketahui, penganugeraan penghargaan Daerah Peduli HAM yang diberikan kepada Pemkab Bolsel tahun 2018 ini, merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun 2017 lalu juga menerima penghargaan yang sama. Pada tahun 2017 lalu khususnya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), hanya ada 9 kabupaten/kota yang dikategorikan Peduli HAM. (Holan)

Komentar