Mantan Bupati Bolsel Minta BMKG Terus Pantau Gempa di Sulut

BOGANINEWS, BOLSEL – Mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dua periode Hi. Herson Mayulu (H2M) yang saat ini anggota Komisi V dari Fraksi PDI Perjuangan, meminta Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) terus memantau perkembangan gempa yang kemungkinan bisa terjadi gempa susulan di wilayah Maluku Utara dan Sulawesi Utara.
Hal itu dikatakan H2M saat rapat dengar pendapat bersama antara Komisi V dengan BMKG dan BNPB yang merupakan mitra kerja Komisi V. “Saya berharap BMKG terus memantau perkembangan terkini yang terjadi di Maluku Utara dan Sulawesi Utara. Khususnya di wilayah Manado dan Bitung yang terjadi dua hari lalu,” kata H2M, Selasa (19/11/2019).
H2M juga memberikan apresiasi atas kinerja BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dinilai bekerja maksimal dalam memantau kondisi wilayah di Indonesia. Termasuk pemulihan kondisi pasca gempa terjadi, di beberapa daerah di Indonesia.
Lanjutnya, Komisi V DPR RI akan terus mendukung dalam perbaikan fasilitas BMKG dan BASARNAS ke depan. Menurutnya dua instansi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Ia berharap akan ada  penambahan anggaran untuk memerbaiki fasilitas BMKG dan BNPB. “Dengan adanya fasilitas yang canggih, antisipasi sebelum dan sesudah gempa bisa terkendali,” jelasnya.
Sebagai mantan Bupati Bolsel, H2M juga memberikan apresiasi atas pembangunan Kantor BMKG dan BASARNAS di Bolsel. Sebab, pemerintah sudah menyediakan lahan untuk pembangunan yang kemungkinan tahun depan mulai berjalan. “Bolsel salah satu daerah di Sulut yang masuk daerah rawan bencana,” ungkapnya. (Holan)

Komentar