H2M Anggota DPR-RI, Resmikan Program Kotaku

BOGANINEWS, BOLSEL – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Komisi V dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hi. Herson Mayulu (H2M), Sabtu (16/01/2021) meresmikan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Acara yang diselenggarakan di Desa Ilomata Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), turut dihadiri Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid. Program Kotaku tersebut, mendukung upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh.

Dalam sambutannya  Hi. Herson Mayulu mengatakan, program Kotaku sudah di mulai sejak tahun 2017. “Program ini sudah di mulai sejak tahun 2017 kemarin. Dan untuk Bolaang Mongondow Raya yang pertama mendapatkan program ini yakni Kota Kotamobagu,” kata H2M.

Lanjutnya, untuk Kabupaten Bolsel sendiri, baru masuk pada tahun 2020 kemarin yaitu di Desa Ilomata. Tujuan utamanya untuk menghilangkan kekumuhan. “Dengan adanya program Kotaku ini, kampung yang mulanya kumuh menjadi lebih indah dan tertata dengan baik,” katanya.

H2M juga menjelaskan, program Kotaku di Desa Ilomata ini ada 6 pengerjaan yakni Jamban, Ipal, Bak Kondro, Jalan Paving dan tempat pengelolaan sampah. “Jadi yang sudah dikerjakan ini, saya minta ada kesinambungan dan ada pemeliharaan. Jangan dibiarkan, harus di jaga dan di rawat, serta dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat dan pemerintah setempat,” jelasnya.

H2M menghimbau kepada Pemerintah Daerah melalui Wakil Bupati agar dapat memberikan bantuan air bersih di Desa Ilomata. Program ini juga butuh sentuhan air bersih. “Perlu ada kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat. Jadi tolong pemerintah daerah bisa mengupayakan agar air bisa masuk ke desa ini dan desa-desa lain,” pinta H2M.

Sementara itu, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI H. Herson Mayulu, atas dedikasinya dalam rangka memperjuangkan dan menghadirkan program Kotaku di desa Ilomata.

“Saya atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada anggota DPR-RI komisi V Hi. Herson Mayulu, atas dedikasi serta perjuangannya dalam rangka menghadirkan program kotaku ini di kabupaten Bolsel khusunya di Desa Ilomata dan desa-desa lainnya. Hal ini merupakan upaya bersama pemerintah pusat dan daerah untuk menurunkan angka kemiskinan dan peningkatan pembangunan kawasan kumuh yang diwujudkan melalui penanganan kualitas pemukiman dan penghidupan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kepala Balai PPW Sulut dan jajaran, Asisten Administrasi Umum, Camat Pinolosian, Kadis PU, Kadis BKPP dan  Kabag Umum Setda Kabupaten Bolsel. (Holan)

Komentar