Cegah Teroris KTP Pendatang Diperiksa

BOGANINEWS, BOLSEL – Guna mengantisipasi masuknya teroris di wilayah Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah mengambil langkah pencegahan dengan memeriksa KTP (Kartu Tanda Penduduk) bagi warga terutama para pendatang.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (Disdukcapil) Bolsel Gunawan Otuh, meminta agar pemerintah desa dapat memeriksa KTP. “Pemeriksaan KTP lebih efektif dilakukan oleh pemerintah desa. Sebab Sangadi (kepala desa) lebih mengenal warganya. Sangadi sudah harus melakukan pencegahan dini,” kata Gunawan, Rabu (31/05).
Lanjutnya, pihak pemerintah dan aparat kepolisian akan melakukan pengecekan kartu identitas pendatang yang mencurigakan. Bahkan saat ini pemerintah memiliki aplikasi konsolidasi yang terkoneksi di seluruh Indonesia. “Jadi pemilik KTP akan diketahui asalnya. Kalau diluar warga negara kita laporkan ke pihak imigrasi,” ucapnya.
Dikatakannya lagi, untuk fungsi domisili sementara hanya berlaku di desa dengan alasan tertentu seperti bekerja, penelitian, dan sebagainya. Tapi iika menetap lebih dari satu bulan, maka wajib melaporkan ke Disdukcapil. (HBO)

Komentar