Bupati Bolsel Mandi Safar Bersama Ribuan Masyarakat Tomini

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, bersama jajaran Pemkab Bolsel, Rabu (23/10) kemarin, berbaur dengan ribuan masyarakat di Kecamatan Tomini untuk menggelar ritual budaya mandi Safar yang dipusatkan sungai yang ada di Desa Nunuka Raya.

Mandi Safar yang merupakan budaya turun temurun yang terus dilestarikan masyarakat Bolsel, khususnya warga Kecamatan Tomini ini, setiap tahunnya selalu digelar. Bupati dalam sambutannya mengatakan, salah satu ritual budaya tahunan di Bolsel yaitu mandi Safar.

“Mandi Safar adalah budaya lokal yang nuansanya religi. Hari ini kita berdoa, semoga segala kesialan, keburukan, kejahatan selama satu tahun yang ada di diri kita masing – masing, akan di angkat dan di jauhkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” pinta Bupati.
Lanjutnya, mandi Safar ini juga bertujuan untuk menjauhkan segala marah bahaya dan bencana sepanjang setahun kedepan.
“Kita doakan tidak ada bencana yang akan menimpa masyarakat yang ada di Bolsel. Juga kerukunan, kekeluargaan dan kebersamaan akan selalu menyertai kita semua,” harapnya.
Dikatakannya lagi, ritual budaya tahunan mandi Safar akan dijadikan agenda tahunan dan akan dianggarkan lewat APBD. “Mandi Safar ini akan terus dilestarikan dan dijadikan agenda tahunan. Kedepan akan digilir di setiap desa,” jelasnya.
Diketahui, ritual budaya ini merupakan acara penutup dari sejumlah rangkaian budaya mandi Safar. Sebelum mandi Safar ada kegiatan religi lainnya seperti dzikir dan Do’a di setiap rumah penduduk. (Holan)

Komentar