Bupati Bolsel Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam di Bunaken

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Sabtu (7/10) menghadiri peringatan tahun Baru Islam 1439 Hijriyah di Mesjid Al-Hijrah Keluhan Pandu, Kecamatan Bunaken.

Peringatan tahun Baru Islam yang mengusung tema ‘Meningkatkan Ukhuwah Islamiayah dan Ukhuwah Insaniyah’. Ketua panitia Fikri Picao menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk membangun silahturahmi sesama umat. “Juga untuk memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” kata Fikri.

Sementara itu, Bupati Bolsal saat memberikan hikmah tahun Baru Islam menyampaikan konsep hijrah dalam bahasa harfiah yakni meninggalkan satu perbuatan tidak baik ke perbuatan lebih baik.

“Nabi Muhammad Rasullah Shallallahu`alaihi Wa Sallam mengatakan peristiwa tahun Hijriyah, mempersaudarakan antara kaum Anshor dan Kaum Hijriaa pada masa itu. Artinya kita memang dari dulu telah berbeda, tapi sama – sama ciptaan tuhan,” terang Bupati.

Disinilah katanya, kita harus hidup berdampingan dengan menjalankan agama dan keyakinan kita masing – masing. “Dalam konteks keberadaan kita yang ada di Sulut, maka pruralisme atau kemajemukan yang kita miliki saat ini adalah modal dan kekayaan, serta kekuatan yang kita miliki,” jelasnya, sembari menambahkan, bahwa peringatan tahun Baru Islam adalah mengigatkan kembali kepada Nabi Muhammad dan tunduk kepada Allah SWT.

Diketahui, peringatan tahun Baru Islam tersebut, turut dihadiri Lurah Pandu, anggota DPRD Kota Manado, Imam Mesjid, Ketua Muslimat NU Prov Sulut, Majelis Taqlim, Wakil Ketua BKPRM Prov Sulut, serta ratusan Jamaah Muslim dan saudara – saudara dari Kristiani di kelurahan Pandu. (Holan)

Komentar