Bupati Bolsel Gelar Silaturahmi Pasca Idul Fitr

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru didampingi Wakil Bupati (Wabub) Deddy Abdul Hamid, Selasa (26/5/2020) gelar acara silaturahmi pasca Idhl Fitri 1 Syawal 1441 Hijiriah bertempat di rumah dinas (Rudis) Bupati.
Acara tersebut sekaligus dirangkaikan dengan rapat koordinasi bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.
Pada silaturahmi dan rakor tersebut, Bupati menyampaikan poin-poin penting diantaranya terkait penanganan covid-19, BAST (berita acara terah terima) untuk penyaluran bantuan menjadi tanggung jawab OPD selaku penyalur dan segera dilengkapi dan dimasukan untuk meminimalisir temuan dari pemeriksaan.
“Diharapkan BAST-nya segera dilengkapi dan dimasukan agar tidak ada temuan dari pemeriksa,” kata Bupati.
Lanjutnya, untuk anggaran transferan daerah saat ini hanya cukup untuk membayar gaji, TKD (tunjangan kerja daerah), honorer dan BBM (bahan bakar minyak). “Selain itu masih ditangguhkan,” ucapnya.
Dikatakannya, prestasi daerah ditengah masa pandemi Covid-19 yaitu WTP ke 6 kalinya. Kemudian SKPK (sistem aplikasi pelayanan kepegawaian) rangking 3 Nasional dan terbaik di Sulut. Juga LHKPN (laporan kekayaan penyelenggara Negara) terbaik.
Bupati juga menyinggung persiapan menghadapi new normal dan program Herd Imunity.
“Kebijakan ini diambil karena masa pandemi sudah menggerogoti anggaran pendapatan belanja Nasional dan anggaran pendapatan belanja daerah,” jelasnya.
Dijelaskannya, bagi OPD yang ada program kegiatan yang belum tuntas untuk segera dimaksimalkan dan meminta APIP untuk melakukan pendampigan terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Juga untuk Dinas Pendidikan agar memberdayakan para pengawas sekolah dan memantau para guru yang melaksanakan WHF.
“Pemda juga berharap agar rapid test 20 warga Adow Kecamatan Pinolosian Tengah tidak ditemukan kasus baru,” harapnya.
Bupati juga mengapresiasi para petugas yang saat ini menjaga Pos masuk.
“Pemda mengapresiasi para petugas penjaga Pos masuk dan akan diupayakan reward untuk mereka,” aku Bupati.
Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda), Marzanzius A.Ohy dan seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. (Holan)

Komentar