Bupati Bolsel Buka Bimtek Penyusunan RKA dan Laporan Dana BOS

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, didampingi Wakil Bupati (Wabub) Deddy Abdul Hamid, Selasa (3/12/2019) membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Penyusunan Laporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk satuan pendidikan Negara dan Swasta.
Acara yang dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu ini dihadiri para Kepala SD dan SMP se Kabupaten Bolsel. Pada kegiatan tersebut, Bupati dan Wabup didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) dan Inspektur Daerah Bolsel.
Bupati dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemantapan dalam penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) serta penyusunan laporan pertanggungjawaban dana BOS, sekaligus sebagai pelaporan secara keseluruhan BOS tahun 2019 dan persiapan pengantrian Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) tahun 2020 yang nantinya menjadi RKA dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bolsel.
“Melalui kegiatan ini diharapkan, para kepala sekolah, bendahara sekolah dan operator BOS, bisa meningkatkan kapasitas SDM untuk penata kelolaan dana BOS,” jelas Bupati.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bolsel, Rante Hattani menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan bagi pengawas sekolah sebagai pembina dan pengawas satuan pendidikan, para kepala sekolah, bendaharawan sekolah dan operator BOS, agar tertib administrasi dan pelaporan dalam mengelolan dana BOS tahun anggaran 2019 dan tahun anggaran 2020.
“Para peserta akan mengikuti materi yang meliputi penatausahaan, penganggaran dan pertanggungjawaban pelaporan penggunaan dana BOS, regulasi dan implikasi penggunaan dana BOS, pengendalian dan sanksi penggunaan dana BOS, penyusunan perencanaan dan penganggaran dana BOS, pendataan Dapodik, penyusunan RKAS dan teknis entry RKAS,” terang Hattani. (Advetorial)

Komentar