Pontoh: Optimisi Raih LSS Tingkat Nasional

BOGANINEWS BOLMUT — Sekolah Dasar (SD) 1 Bolangitang telah mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional tahun 2018. Sebelumnya SD tersebut mendapat peringkat pertama pada lomba tingkat provinsi.

Menurut Kepala Sekolah SDN 1 Bolangitang Irhamna Pontoh, tim penilai LSS Nasional tahun 2018 sebanyak 5 orang. Masing-masing terdiri atas 3 orang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan 2 orang dari Kementerian Kesehatan.

“Rombongan tim penilai ini di dampingi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan di sambut secara adat dengan iriangan musik kulintang dan persembahan tarian tradisional,” jelas Pontoh.

Ia juga mengucapkan terimah kasih kepada tim penilai tingkat pusat yang telah melakukan penilaian. “Kami mengucapkan terima kasih kepada tim penilai yang sudah datang menilai langsung kondisi SD 1 Bolangitang, menjadi sekolah rujukan yang mewakili Sulut pada lomba LSS. Kami juga optimis untuk mendapat hasil yang maksimal, karena kerja keras dari semua stek holder baik pemerintah provinsi dan pemda Bolmut,” jelasnya.

Ditambahkannya, dengan bimbingan dari Pemerintah Provinsi serta arahan Pemkab Bolmut, pihaknya telah meraih beberapa prestasi diantaranya, prestasi para peserta didik, prestasi sekolah klaster tahun 2016, prestasi sekolah model, prestasi sekolah rujukan, juara sekolah adiwiyata tahun 2018, serta juara sekolah sehat tingkat Provinsi Sulut. “SDN 1 Bolangitang mampu mencapai target maksimal pada hasil  penilaian dan hingga pengumuman nanti. Terimah kasih juga kepada seluruh guru dan staf yang ada di SDN 1 Bolangitang yang telah bekerja keras dalam mengikuti kegiatan LSS,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Deky Virandola mengungkapkan, secara menyeluruh SDN yang menjadi peserta LSS tingkat Nasional tahun 2018 ini berjumlah 24 sekolah utusan dari bebagai provinsi. Untuk penilaiannya sendiri membagi kriteria penilaian ke dalam dua kategori, yakni kategori Best Performance dan Best Achievement. “Saya juga mengapresiasi pencapaian dari SDN 1 Bolangitang yang dengan segenap daya dan upaya, mampu menembus dan mewakili Provinsi Sulut di tingkat nasional,” katanya.

Terpisah, DPRD Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Sri Anita Poitabuga mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap SDN 1 Bolangitang yang telah meraih juara pertama pada lomba tingkat provinsi dan mengikuti lomba LSS tingkat nasional. “Ini adalah sebuah kebangaan bagi Bolmut. Perlu dukungan dari semua elemen yang ada dalam pencapaian prestasi ini. Apalagi SDN 1 Bolangitang adalah sekolah unggulan yang menajdi rujukan mewakili Sulut,” terang Anita. (WaOne)

Komentar