Panwascam Boltim Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Stakeholder pada Pilkada 2024

BOGANINEWS, BOLMUT – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bolangitang Timur (Boltim), Selasa (24/9/2024) melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan stakeholder pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Tahun 2024.

Menurut Ketua Panwascam Bolangitang Timur Dicky Lauma, sosialisasi pengawasan partisipatif ini sebagai upaya dalam melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2024.

“Pengawasan bukan hanya tanggung jawab dari Bawaslu tetapi juga semua elemen masyarakat berhak mengawasi jalannya tahapan Pilkada,” ujar Dicky

Oleh sebab itu kata dia, dalam sosialisasi ini pihaknya menggandeng berbagai stakeholder atau elemen masyarakat agar menjadi bagian yang akan turut terlibat aktif dalam pengawasan Pilkada Bolmut.

“Sudah menjadi tugas Panwascam adalah meningkatkan partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pilkada Bolmut. Oleh karena itu, Bawaslu melalui Panwascam Bolangitang Timur mengajak seluruh masyarakat dari berbagai komunitas dan kelompok masyarakat, untuk ikut terlibat secara aktif dalam mengawasi Pilkada 2024,” terangnya.

Lanjutnya, dalam proses tahapan Pilkada Bolmut nanti, pihak Panwascam tidak dapat bekerja maksimal jika tanpa adanya dukungan semua pihak.

Untuk itu kata Dicky, pada Pilkada Bolmut 2024 ini, keterlibatan masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam proses pengawasan tahapan Pilkada.

“Semua kelompok masyarakat dapat ikut terlibat aktif dalam pengawasan Pilkada nanti serta masyarakat dapat mengambil peran penting dalam pengawasan tahapan Pilkada 2024,” jelasnya.

Kegiatan yang menghadirkan dua narasumber Supriadi Goma, S.P d.I dan Dr. Victor N. J Rotty, ini, dihadiri Camat dan Sekcam Boltim, GAMKI, GMNI, KAHMI Bolmut, Ansor, Fathayat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan toko agama.

Komentar