Jadi Satu-satunya Representatif Perempuan di Pilkada Bolmut 2024, Aktrida Tuai Dukungan Aktivis Perempuan

BOGANINEWS, BOLMUT – Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmut) tahun 2024, sepertinya bakal mencatat sejarah baru.

Pasalnya, baru kali ini dalam sejarah Pilkada Bolmut, terdapat perwakilan perempuan yang ikut berkontestasi dalam Pilkada.

Yakni, Aktrida Datungsolang yang maju sebagai bakal calon wakil bupati berpasangan dengan tokoh birokrat segudang pengalaman yaitu Asripan Nani.

Hal itu dapat dipastikan, setelah pasangan Asripan Nani-Aktrida Datungsolang resmi mendaftar ke KPU Bolmut pada 29 Agustus 2024, sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati.

Alhasil, majunya Aktrida Datungsolang di Pilkada Bolmut 2024, langsung mendapat perhatian khusus dari kalangan perempuan.

Seperti dikatakan aktivis perempuan Bolmut Alin Pangalima, hari ini kita sebagai perempuan, sudah sepatut bersyukur.

Menurutnya, dengan adanya representasi perempuan yang bisa maju bertarung pada momentum Pilkada Bolmut, membuktikan perempuan bisa mengepakkan sayapnya untuk terbang mengangkat derajat perempuan yang kadang termarginalkan.

Ia pun menganggap Aktrida Datungsolang sebagai perempuan sejati yang mampu membuktikan eksistensi perempuan dengan ikut berkontestasi dalam Pilkada Bolmut 2024.

“Dengan bekal pengalaman yang matang, apalagi selama 10 tahun berkarir sebagai wakil rakyat di DPRD Bolmut, tentunya bukan asal jadi dong, pasti perempuan cerdas, pemberani, dan vokal. Nah ibu Aktrida berani mendobrak pintu-pintu yang masih tertutup dimasuki perempuan, terlebih khusus pada momentum sekelas Pilkada,” ujar Alin, Kamis (5/9/2024).

Mantan aktivis HMI ini pun menegaskan, sebagai perempuan, tentunya melihat satu-satunya perwakilan perempuan yang maju bertarung pada Pilkada Bolmut, sudah sepatutnya mendapat dukungan, terlebih khusus dari kaum perempuan.

“Saya menyatakan mendukung penuh perwakilan perempuan pada Pilkada Bolmut kali ini. Semoga dalam perjalanan waktu yang panjang ini, menjadi pemantik untuk perempuan-perempuan lainnya yang ada di Bolmut agar berani berkarir di ranah politik dan turut andil dalam memberikan kontribusi sejuk dalam memajukan daerah dengan cara-cara baik yang diridai Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Alin.

“Semoga pula perwakilan perempuan yang 30 persen, hal itu benar-benar diwakili oleh perempuan pada kontestasi Pilkada Bolmut tahun 2024 ini,” harapnya.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar