Bolmut Siapkan Anggaran 3,5 Miliar untuk Penanganan Covid-19

BOGANINEWS, BOLMUT – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), akan mengeser anggaran 3,5 Miliar yang dipersiapkan untuk menanganan Corona Virus atau Covid-19.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmut Asripan Nani, pihak Pemda Bolmut telah melakukan rapat pergeseran anggaran untuk penangulan Covid-19 tersebut.

“Ini merupakan salah satu bukti keseriusan Pemda Bolmut dalam menangani Covid-19. Selain anggaran, ada berbagai kebijakan lainnya yang juga telah diambil dan diberlakukan. Seperti meliburkan sekolah, memberlakukan Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah bagi ASN dan lainnya,” jelas Sekda, Senin (23/3/2020)

Lanjutnya, Pemda juga akan melaporkan pergeseran anggaran tersebut pada pihak Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, sebesar 3,5 Miliar untuk dipergunakan pada pengadaan alat perlindung diri, refid untuk tes Covid-19, desinfektan (alat penyemprotan), biaya petugas lapangan untuk tenaga kesehatan. “Pemda juga akan menyiapkan ruangan isolasi dan ambulans khusus untuk penderita Covid-19,” jelasnya.

Terpisah, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Suriansyah Korompot mengatakan, pihak DPRD sampai hari ini beluma ada pemberitahuan dari Pemda terkait pergeseran anggaran penanggulangan Covid -19. DPRD memaklumi pergeseran anggaran mengingat kondisi darurat saat ini.

“DPRD juga meminta kepada Pemda agar anggaran yang akan di geser dipergunakan sebaik- baiknya untuk penaggulangan darurat Covid-19. Anggrana Rp 3.5 Miliar yang akan digeser, di samping digunakan untuk pengadakan Alat Pelinding Diri (APD) bagi tenaga medis, juga dapat  dialokasikan untuk insentif bagi tenaga medis lapangan,” terang Suriansyah. (WaOne)

Komentar