Bolmut Bahaya DBD, Dinas Terkait Diingatkan Segera Lakukan Fogging

BOGANINEWS, BOLMUT – DPRD Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), meminta Pemda melalui instansi terkait agar segera mengantisipasi gejala serangan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bolmut.

Hal ini disampaikan oleh anggota DPRD Bolmut Aktrida Datungsolang. Dinas Kesehatan, kata dia, segera melakukan pencegahan DBD di 6 kecamatan.

“Pemerintah diharapkan melakukan antisipasi sejak dini dan yang sudah terjangkit bisa dilakukan fogging di rumahnya agar terhindar dari DBD. Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat, juga dapat turut berperan aktif dalam melakukan pencegahan dengan cara memperhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Dr Jusnan melalui Kabid Pengendalian Penyakit, Yani Lasama SKM mengatakan, tingginya curah hujan akhir ini bisa membuat populasi nyamuk demam berdarah meningkat di Bolmut. Pihak Dinkes Bolmut mengimbau masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) mengunakan metode 3M plus untuk antisipasi kasus Demam Berdarah (DBD). “Bahkan genangan air di daun saja, nyamuk bisa berkembang biak apalagi di genangan air yang banyak sampahnya,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 6 orang yang dinyatakan positif menderita penyakit DBD di Kabupaten Bolmut ini. “Informasi terakhir yang kami dapatkan dari Puskesmas dengan 6 penderita ini terbagi di kecamatan Bintauna 2 orang, pinogaluman 3 orang dan kaidipang 1 orang,” ujarnya. (WaOne)

Komentar