Warga Siniung Positif DBD

BOGANINEWS, BOLMONG Salah satu warga Desa Siniung, Dumoga, Bolmong, Gracia Sokop, positif menderita Demam Berdarah Dengue (DBD).  Akibatnya, bocah Tujuh tahun ini harus mendapat penanganan pihak medis.

Sonny Sokop, ayah dari Gracia mengaku, anaknya dibawah ke rumah sakit dan mendapat penanganan kurang lebih seminggu. “Iya, Gracia dirawat di rumah sakit Kinapit,” akunya.

Sonny berharap pihak pemerintah dapat menyeriusi masalah DBD agar kejadian yang menimpa anaknya tidak terjadi pada bocah lainnya. “Sangat berharap pemerintah agar turun lapangan melakukan penanganan, supaya penyakit ini tidak menular kepada anak-anak lainnya. Jangan sampai ada korban lagi,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bolmong, Wiyono  mengatakan, setelah mendapat informasi kasus yang dicurigai DBD, pihaknya langsung bereaksi. “Kita sementara menelusuri diagnosa dan melaksanakan penyelidikan epidemiologi (PE). Hal ini untuk mengetahui terjangkitnya dari mana,” terangnya.

Selain itu, Wiyono menjelaskan, pihaknya melakukan survei diradius 100 meter dari rumah penderita untuk mengetahui tingkat penularan, dengan memeriksa jentik aedes tempat perindukan serta memeriksa penduduk sekitar, apakah ada yang demam dan atau gejala yang sama dengan penderita utama.

“Jadi, bila semua data telah rampung, baru kita mengkaji menganalisa dan memutuskan langkah yang harus segera dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi setempat. Dengan desiminasi informasi tentang DBD, koordinasi pihak terkait, maka langkah selanjutnya melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), galakkan 3M plus dan selanjutnya dilakukan fogging (Pengasapan),” jelasnya. (mg-01/ily)

Komentar