Sanitasi IPAL Dibangun di Empat Desa

BOGANINEWS BOLMONG Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) tahun ini akan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Pembangunan instalasi sanitasi ini, ditujukan untuk mencegah warga khususnya yang tinggal di pedesaan untuk tidak membuang limbah kotoran rumahtangga langsung ke aliran sungai.

Menurut Kepala DPKP Dadang Nugroho, sanitasi IPAL tersebut rencananya akan dibangun di empat desa, yakni Desa Mopugad Selatan, Mopugad Selatan I (Satu), Dumoga II (Dua) dan Desa Mogoyunggung I (Satu). “Akan dibangun di Empat desa. Anggarannya diambil dari APBD sebesar 525 juta rupiah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, satu instalasi pengolahan air limbah ini dapat menampung limbah kotoran dari 50 kepala keluarga (KK). “Program sanitasi ipal komunal tersebut merupakan pembuangan limbah dari pemakaian rumah tangga. Satu IPAL itu minimal 50 KK yang membuang kotoran rumah tangga. Seperti WC, pencucian baju dan lain sebagainya,” terangnya.

Sekadar diketahui, sanitasi ialah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia. Serta upaya menjaga pemeliharaan agar seseorang, makanan, tempat kerja atau peralatan agar hygienis (sehat) dan bebas pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga, atau binatang lainnya. (mg-01/ily)

Komentar