Disparbud Bolmong Persiapkan Rencana Pembukaan Daerah Tempat Wisata Fase 1

BOGANINEWS, BOLMONG Untuk membuka kembali tempat-tempat wisata yang sebelumnya di tutup akibat pencegahan Pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (10/6/2020) menggelar rapat untuk membahas draft kesiapan pembukaan kembali Daerah Tempat Wisata (DTW) fase satu.
Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pemasaran dan Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Alfina Sumenda. Dikatakannya, dalam rapat dinas hari ini, baru akan dibuat kajian analisis untuk persiapan pembukaan kembali DTW fase 1 di Bolmong.
“Kajian analisis tersebut sangat penting sebagai landasan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk masuk ke tempat wisata, demi pencegahan penyebaran Covid-19,” terangnya.
Selain itu, objek wisata juga memerlukan tahapan sebelum dibuka. ”Seperti untuk pembersihan, pemeliharaan, perbaikan kembali fasilitas yang rusak selama masa stay at home dan perampungan,” jelasnya.
Menurutnya, untuk DTW fase satu ini akan fokus terlebih dahulu untuk pembersihan di dua objek wisata yakni Kawasan Wisata Pemandian Aiir Panas di Desa Bakan dan Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Maelang di Desa Pasir Putih.
“Tahapan kebersihan DTW rencananya akan dilaksanakan mulai hari, baik di Air Panas Bakan dan Pasir Putih,” ungkapnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Pemkab Bolmong, Rina Mahune menambahkan, pihaknya juga akan menyurat ke Desa-desa DTW yang dikelola Pemerintah Desa atau pun pribadi, terkait pembukaan DTW sebagaimana aturan protokol kesehatan. “Senin pekan depan, tim akan turun meninjau lokasi wisata yang ada di Bolmong untuk persiapan rencana pembukaan DTW Fase satu,” aku Rina.
Menurutnya, waktu persiapan rencana pembukaan DTW selama 1 bulan. “Terhitung mulai senin 15 Juni 2020. Jadi masyarakat diminta untuk bersabar untuk sementara waktu,” tambahnya. (ino)‬

Komentar