Besok, Sejumlah Produk Kerajinan Tangan Asal Kotamobagu Siap Dipamerkan Pada Festival Bunaken

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Sejumlah hasil produk kerajinan tangan asal Kota Kotamobagu akan dipamerkan pada festival Bunaken yang akan digelar di Manado tanggal 17 sampai 20 Juli tahun 2019 ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kota Kotamobagu melalui Kepala Bidang Industri Fadlun Paputungan, Selasa (16/7). Dikatakannya, pihaknya sudah menyiapkan khusus bahan-bahan kerajinan yang akan dipamerkan pada festival Bunaken.

“Kita ketahui, ibu TP PKK yang juga merangkap selaku Ketua Tim Dekranasda Kota Kotamobagu, mempunyai kemauan tinggi untuk mengangkat kearifan lokal di Kota Kotamobagu, guna meningkatkan kaum ibu-ibu melalui kerajinan. Nah, melalui kepemimpinan Ketua Dekranasda Kotamobagu, kami menyiapkan bahan-bahan kerajinan di Kota Kotamobagu,” terangnya.

Adapun kata Paputungan, hasil-hasil kerajinan yang akan dipamerkan tersebut diantarnya, pemanfaatan limbah baju bekas yang dibuat menjadi pot bunga, anyaman, pala manis, kabela, maupun hamsei yang digunakan untuk penari kabela maupun pengantin wanita, serta lapi-lapi untuk digunakan pada acara perkawinan maupun acara duka sebagai hiasan.

“Ini semua prodak asal Kota Kotamobagu yang berasal dari Desa Bilalang, Kelurahan Biga, dan ada juga dari Kelurahan Matali,” tambahnya. (Ino)

Komentar