oleh

Bernilai Jual Tinggi, Arin Gumeleng Tanam Puluhan Durian Montong

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUDurin montong merupakan salah satu jenis buah yang digemari banyak masyarakat. Hal ini selain tidak lepas dari cita rasanya yang lezat, buah yang satu ini juga memiliki daging buah yang lebih tebal dari jenis lainnya. Tak heran, buah jenis ini banyak dibudidayakan dan diburu oleh masyarakat.
Di Kota Kotamobagu sendiri, sebagai salah satu daerah di Sulawesi Utara yang memiliki tekstur tanah subur, buah jenis ini mulai banyak ditanam di halaman rumah warga. Selain itu, pembudidayan secara masal mulai dilakukan akibat harga di pasaran yang cukup menjanjikan karena memiliki nilai jual tinggi
Berbagai kelebihan yang dimiliki buah ini, membuat Arin Gumeleng, salah satu warga di Desa Moyak, Kecamatan Kotamobagu Timur, mau menanam tanaman ini.
Menurut Arin, motivasi ia menanam ini tidak lepas dari harga nilai jual yang tinggi di pasaran serta enak untuk dimakan dan enak untuk dilihat.
“Dengan mengandalkan lahan setengah hektar lebih, saya mencoba menanam 50 bibit durian montong, dengan harapan kedepan bisa dipanen dengan jumlah yang banyak agar bisa dijual,” katanya.
Bahkan kata Arin, dia rela menganti seluruh tanaman yang sebelumnya ditanam buah cokelat untuk diganti dengan tanaman durian montong. “Sudah ada sekitar 50 bibit durian montong sudah saya tanam, tapi akan ditambah lagi. Muda-mudahan 5 tahun kedepan tanaman ini sudah mulai belajar berbuah,” kata Arin.
Diketahui, penjualan durian montong khusus area Kota Kotamobagu saat ini tembus di harga 50-60 ribu per 1 Kg. Dengan berat satu buah durian montong bisa mencapai 5 Kg bahkan lebih. (St)
Baca Juga:  Terkait Dandes Peran Masyarakat Harus Dioptimalkan

Komentar

BERITA LAINNYA